Eric Tohir Tunjuk WNI Jadi Direksi Pertamedika, Bukan WNA

JAKARTA, Salah satu Warga Negara Indonesia yang berprestasi di Luar Negeri yang bernama Antonius Rainier Haryanto dipercayakan menjabat sebagai Direksi Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika atau atau Pertamedika, oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Antonius merupakan, Warga Negara Indonesia yang lama di Negara Australia kini sekarang menjabat Direksi Pertamedika.

Saat ini, Rainier bergelar Master Teknik Lingkungan dari Universitas New South Wales. Antonius juga pernah bersekolah di Universitas Parahyangan dan berhasil meraih Sarjana Teknik Sipil.

Dikutip dari laman Petramedika, Antonius Rainier Haryanto merupakan kelahirkan Jakarta 15 April 1978.

Antonius merupakan alumni Fakultas Tehnik Sipil di Universitas Katolik Parahyangan (2001). Ia kemudian menyelesaikan pendidikan Strata 2 pada jurusan Teknik Manajemen Lingkungan di University of New South Wales, Sidney Australia (2003).

Saat ini, Rainier tengah menyelesaikan Strata 3 dengan konsentrasi Built Environment di University of New South Wales, Sidney Australia .

Dalam karirnya, Rainier pernah menjabat Direktur (Parttime), PT Deloitte Consulting Indonesia dari Januari 2020 – April 2020 untuk kemudian pindah ke Pertamedika.

Sementara jika mengutip laman Linkedin, Rainer memulai karirnya di Parson Brinckerhoff. Sebuah perusahaan rekayasa teknik dari Amerika Serikat. Ia berkerja selama 3 tahun di kantor Australia.

Selanjutnya, Rainer pindah ke SMEC Australia sebagai project engineer. Bertahan 1 tahun 4 bulan, ia kemudian hijrah ke Abu Dhabi sebagai Senior Design Engineer.

Kembali dari UEA, Rainer kembali berkaris di SMEC Australia, hingga kemudian menjabat sebagai Country Manager of Indonesia. Karirnya terus naik, untuk kemudian mebawahi Asia Tenggara 2 dan kemudian menjadi regional manager.

Rainer kemudian masuk ke dalam pemeritahan Indonesia dengan menjabat sebagai direktur program di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hingga Juli 2019.

Ia juga menjadi advisor untuk KPMG Indonesia hingga akhirnya hijrah ke Deloitte Consulting Indonesia sebagai Direktur. Tak Lama, iapun kemudian berlabuh di Pertamedika.

Hal itu dibenarkan Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga bahwa Antonius menjabat sebagai direksi di Pertamedik yang merupakan anak usaha BUMN adalah Putra Indonesia berprestasi.

“Benar Direktur anak perusahaan PT Pertamina dipegang Antonius dan Beliau adalah warga negara Indonesia yang lama di Luar Negeri Pimpin Pertamedika, dan dianggap segudang Prestasi ” ujar Arya kepada suara phasivic com, Jumat (26/6/2020).

Arya menjelaskan, Antonius merupakan salah satu diaspora Indonesia yang ada di Luar Negeri.

Arya pun menjelaskan bahwa Antonius diminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengabdi di Indonesia khususnya di industri kesehatan.

Ditambahkan Arya, Bahwa Pertamedika bukan merupakan BUMN, akan tetapi anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengurusi industri kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *