Amerika Serikat sedang Memanas dengan Cina, Kini Cina Memberlakukan UU Kontraversial

Amerika Serikat – AS kini sedang mempertimbangkan opsi-opsi terbatas untuk berurusan dengan China atas langkah-langkahnya baru-baru ini di Hong Kong, ketika ketegangan antara Washington dan Beijing kian memanas. China telah resmi memberlakukan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong yang kontroversial.

Mengutip Channel News Asia, Senin (13/7/2020), langkah-langkah terhadap sistem keuangan Hong Kong berisiko berdampak terhadap perusahaan dan konsumen AS, Barat, dan Hong Kong, mengutip pejabat dan analis Amerika Serikat.

Langkah-langkah seperti sanksi yang lebih bertarget terhadap pejabat China dan langkah perdagangan terhadap produk yang dibuat di Hong Kong akan berdampak kecil pada integrasi kota Beijing ke dalam sistem politik dan keamanan daratan.

Pada Kamis 9 Juli, pejabat administrasi Trump membahas rencana atas Hong Kong dalam pertemuan Gedung Putih. Para pejabat akan berkumpul kembali awal pekan ini dan dapat mengumumkan sanksi atau tindakan lain.

Pekan lalu, Washington menjatuhkan sanksi pada wilayah otonom Sekretaris Partai Komunis Xinjiang, Chen Quanguo, anggota Politbiro Tiongkok yang kuat, dan tiga pejabat lainnya.

Beijing menggambarkan sanksi itu “sangat merugikan” hubungan timbal balik antara kedua negara dan memperingatkan bahwa China akan memberlakukan tindakan timbal balik pada pejabat dan organisasi AS.

Liputa6.com | Nasional Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *