5 Negara Paling Korup di Dunia, Versi Transparency International

NATIONAL– Penyelidikan berkelanjutan terhadap Isabel dos Santos, wanita terkaya di Afrika yang dituduh melakukan penggelapan dan pencucian uang oleh jaksa penuntut di Angola, telah menyoroti skala Korupsi dan nepotisme di beberapa negara termiskin di dunia. Di negara itu para pejabatnya dapat mengambil manfaat dengan mengorbankan orang miskin.

Transparency International, sebuah organisasi nonpemerintah yang berbasis di Jerman, melacak Korupsi pemerintah di seluruh dunia.

Mereka baru-baru ini menerbitkan indeks persepsi Korupsi tahunannya.

Di bawah ini adalah daftar negara yang masuk dalam 5 besar negara yang dianggap paling Korup di dunia, seperti dilansir Fox News,

1. Somalia

Tanpa pemerintah pusat yang efektif dan kemiskinan endemik, Somalia masuk ke dalam peringkat paling banyak korupsi dalam daftar Transparency International, sama seperti setiap tahun sejak 2006.

Korupsi adalah salah satu penyebab utama ketidakstabilan politik di negara Afrika.

Lembaga-lembaga negara sangat tidak berfungsi dan hampir tidak ada mekanisme untuk memberantas korupsi di Somalia.

Klan dan praktik keagamaan memiliki pengaruh lebih besar terhadap Somalia daripada politik.

2. Sudan Selatan

Sudan Selatan muncul pada 2011 di mana ia adalah sebuah negara merdeka setelah puluhan tahun mengalami perang saudara yang menewaskan ratusan ribu orang.

Negara itu berada di peringkat yang tepat di atas Somalia pada indeks korupsi.

Korupsi datang dalam bentuk perlindungan, penggelapan dan birokrasi. Pejabat publik meminta uang suap untuk kegiatan-kegiatan duniawi seperti pemrosesan dokumen yang cepat untuk memulai bisnis mereka.

Sementara itu, militer juga sangat terpecah belah sepanjang garis etnis dan suku di Sudan. Pejabat juga memanfaatkan lemahnya pengawasan, yang mengarah pada penggelapan dana publik.

3. Suriah

Suriah tidak memiliki institusi yang kuat. Negara ini memiliki peringkat tinggi dalam konflik internal, yang dipicu oleh perang saudara yang berkelanjutan.

Presiden Bashar al-Assad telah memerintah negara itu sejak tahun 2000.

Ia mengambil alih negara untuk ayahnya yang memerintah selama hampir tiga dekade.

4. Yaman

Yaman pernah mengalami perang saudara antara pemerintah yang didukung Saudi di Yaman dan pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Perang itu telah membuat negara Teluk itu kacau balau.

Korupsi terus menjadi masalah dan telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan.

5. Venezuela, Sudan, Afghanistan, dan Guinea Ekuatorial

Keempat negara itu masuk ke dalam daftar peringkat untuk kasus korupsi.

Venezuela dilanda kerusuhan politik ketika protes terhadap Presiden sosialis Nicolas Maduro yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir setelah inflasi dan eksodus banyak rakyat Venezuela.

Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo adalah salah satu pemimpin terlama di dunia. Pemerintahannya telah dituduh melakukan berbagai bentuk korupsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *