Hagia Sophia: Salat Jumat pertama setelah 86 tahun, ornamen Kristiani ditutup tirai, karpet motif Ottoman, Paus yang ‘sangat sedih’ diundang

Sophia-Jemaah tengah mengikuti salat Jumat pertama (24/07) yang diselenggarakan di Hagia Sophia, gedung berusia 1.500 tahun yang semula adalah katedral yang dijadikan masjid dan kemudian museum, langkah yang membuat Paus “sangat sedih.”.

Sekitar 1.000 orang dizinkan untuk masuk ke Hagia Sophia melalui pemeriksaan keamanan, sementara yang lainnya melakukan salat di luar, salat Jumat pertama (24/07) dalam 86 tahun.

“Muslim sangat senang, semua orang ingin hadir di pembukaan (salat Jumat pertama),” kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya Kamis (23/07).

Pada 1934, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern, setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu dijadikan museum.

Lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu salat tetapi tetap akan dipajang.

Gedung ini dibangun pada abad keenam sebagai katedral namun dijadikan masjid pada 1453 ketika Ottoman, biasa disebut juga dengan Kekhalifahan Utsmaniyah, di bawah Mehmed II atau Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan Konstantinopel yang kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Presentational white space

Tes satelit baru Rusia berlangsung pada 15 Juli dengan tujuan melakukan pemeriksaan pada peralatan antariksa negara tersebut, kata Kementerian Pertahanan Rusia kala itu.

“Saat pengujian teknologi antariksa terkini, salah satu satelit domestik diperiksa dari dekat menggunakan peralatan khusus dari pesawat antariksa berukuran kecil,” papar kementerian tersebut, sebagaimana dikutip kantor berita Interfax.

Ditambahkan, “informasi berharga mengenai kondisi teknis objek yang sedang diselidiki” telah direkam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *