Saling Balas Antara AS dan Cina Lakukan Penutupan Konsulat

Amerika -Semakin Panas Diplomasi Antara Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Cina, Terbukti  Pemerintah Cina menutup Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika di Chengdu pada hari ini, Jumat, 24 Juli 2020. Dan Hal tersebut Merupakan balasan atas ditutupnya Konjen Cina di Houston pada selasa (21/7).

Menurut Kementerian Luar Negeri Cina, soal alasan di balik penutupan Konsulat Jenderal Amerika di Chengdu, dikutip dari Reuters, mengatakan Amerika dianggap telah melanggar hukum internasional, dasar hubungan internasional, serta konvensi konsular Cina-Amerika.

Dan Dampak Saling Tutup Konjen memperburuk hubungan Cina – Amerika, dan Sebelumnya, Pemerintah Cina sudah memperingatkan bahwa balasan akan dilakukan apabila Amerika tidak mencabut keputusan menutup Konsulat Jenderal Cina di Houston. Namun, Amerika bergeming dan malah semakin menyerang Cina.

Belum diketahui berapa lama waktu yang diberikan Pemerintah Cina kepada Amerika untuk menutup konsulat jenderalnya.

Karena Ketika Amerika menutup Konsulat Jenderal Cina di Houston, pihak konsulat hanya diberi waktu tiga hari untuk mengosongkan.

Sementara itu, di Amerika, Konsul Jenderal Cai Wei memberi sinyal Cina akan membandel dari perintah Amerika. Ia mengatakan pihaknya tengah menimbang bertahan di kantor konsulat jenderal walau akan ditutup.

Lucuhnya dalam Kondisi Tegang antara Pemerintah Amerika dan Pemerintah Cina, Ternyata Amerika mengirimkan Diplomat ke Negara Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *