Binpolmas Baharkam Sebagai Pembina 449 Ribu Ormas di Indonesia, Berharap Saling Koordinasi

JAKARTA– Pernyataan ini disampaikan Kasi binkomnas Subdid Binpolmas AKBP Drs R.Pardosi Usai Menerima Kunjungan Pengurus LBH Phasivic diruang Direktur Ditbintibnas Korbinmas Baharkam Polri , Kamis Sore (13/8) .


Menurutnya sebanyak sekitar 449 Ribu Ormas atau Perkumpulan Tersebut, baik tercatat di Kemendagri dalam Bentuk SKP dan Terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI dalam bentuk SK Berbadan Hukum sebagai Pembinannya adalah Binpolmas Ditbintibnas Korbinmas Baharkam Polri, salah satunya adalah LBH Phasivic.

Ditambahkan Pardosi Sebanyak sekitar 449 ribu Ormas atau ososmas, Komunitas Masyarakat, Poskamlim, KPM dan lain sebagainya dibawah Pembinaan Binpolmas Ditbintibnas Korbinmas Baharkam Polri. Diapun menerangkan Pula secara Umum Tugas Ditbintibnas Korbinas Baharkam Polri sangat luas selain Mengantisipasi Terorisme, secara Internal juga berkoordinasi dengan Badan Intelijen nasional (BIN), diantara Pokok tugas Ditbintibnas Korbinas adalah bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian masyarakat ( Polmas ), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa ( pengamanan swakarsa ), polsus ( Perpolisian khusus ), serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga-lembaga baik swasta maupun negeri, instansi-instansi swasta maupun negri dan menjalin silaturrahim dengan tokoh yang ada dalam masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat sadar akan hukum dan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya kamtibmas.
Dengan Visi utama terwujudnya kesadaran hukum dan kepatuhan hukum, dengan misi Melaksanakan operasional Polri secara professional, transparan dan akuntabel, Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat agar taat dan patuh pada hukum, Melaksanakan upaya internalisasi di lingkungan seluruh anggota Polri, Penguasaan dan pemahaman Perpolisian Masyarakat, Menggiatkan secara terus menerus siskamling, Meningkatkan pemberdayaan potensi masyarakat, Meningkatkan jalinan kerjasama dan kemitraan, Meningkatkan pembinaan kepada PPNS, Polsus, Satpam dan lainnya, Mendimanisir Sat. Pol. PP selaku aparat Pemerintah Daerah, Pemberdayaan dan pengembangan FKPM.

Ady

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *