Gambar di Uang Rp. 75 Ribu itu Bukan Pakaian Adat Cina

JAKARTA-Terbitnya Uang Lembaran Rp.75.000,- (Dua Puluh Lima Ribu) dari Pemerintah melalui Bank Indonesia, menuai kritik sebagian Masyarakat Indonesia, Kritikan bukan karena Terbitnya uang tersebut, akan tetapi adanya Gambar atau Foto menyerupai Pakaian Cina atau Tianghoa.

Rabu kemarin (20/8) salah Satu Masyarakat Suku Tidung Henky Mayor Ver kepada Nasional Suara Merdeka Com menjelaskan, bahwa Foto di Gambar uang Rp. 75 Ribu bukan merupakan Pakaian adat Cina atau Tianghoa, akan tetapi merupakan Pakaian asli anak pribumi Suku Kaum Tidung yang berada di Plosok Provinsi Kalimantan Utara.

Dia menjelaskan pula, bahwa desaign tersebut merupakan hasil Karya Masyarakat Pribumi kaum Tidung Dayak.

” Kami memang tidak terkenal di Indonesia, karena kami adalah pecahan dari suku Dayak. Kami adalah Dayak Tidung, hanya saja yang membedakan kami adalah agama,” Ungkap Turunan Dayak Tidung ini

Dimana menurutnya Suku Kaum Tidung lebih banyak menganut Agama Islam, sedangkan Suku Dayak yang sesungguhnya mereka menganut Agama Non Muslim.

” Saya perwakilan dari putra Tidung, Memohon kepada kalian semua yang tidak mengenal Suku kami, ayo kita berkenalan. Silahkan kalian cari tau sejarah tentang suku kaum Tidung. Negara Indonesia ini sangat besar budaya,” ujarnya kepada Nasional Suara Merdeka Com.

Lanjut Hengky, Negara Indonesia ini sangat besar Budayanya, banyak keragaman Budaya yang sebagian belum dikenal Masyarakat satu persatu, apalagi Budaya tersebut datang dari Plosok.

“Yang tidak bisa kalian kenal dan kalian ketahui satu persatu. Pun sebaliknya, Kami yang dari plosok Negeri ini juga tidak mungkin bisa mengenal suku dan budaya kalian satu persatu,” Ungkapnya.

“Jika benar pakaian adat yang di gunakan anak kecil di uang 75.000.00 itu adalah pakaian China, kalian boleh menindaklanjuti saya. Saya akan mempertanggung jawabkan atas apa yang saya katakan,” tegasnya.

Penulis : R Mas MH Agus Rugiarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *