Tamat Riwayat!!!, Fitur Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, dan YouTube Live dapat ditutup

JAKARTA– Nantinya kalau Gugatan terbaru belum lama ini, RCTI dan iNews TV diterima Mahkamah Konstitusi (MK) maka Fitur Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, dan YouTube Live Terancam Ditutup.

Kedua Media Televisi tersebut telah melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, Terkait Mengajukan Yudicial Review Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran yang dinilai ambigu dan menyebabkan ketidakpastian hukum.

Dan Gugatan Yudisial Review Terdaftar Nomor 39/PUU-XVIII/2020 dengan Pemohon iNews diwakili David Fernando Audy selaku Direktur Utama dan Rafael Utomo selaku Direktur.

Sementara RCTI diwakili Jarod Suwahjo dan Dini Aryanti Putri selaku Direktur.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ahmad M Ramli secara virtual dalam sidang lanjutan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Rabu, 26 Agustus 2020 Mengatakan Jika MK mengabulkan Gugatan Yudisial Review maka Perluasan definisi penyiaran akan mengklasifikasikan kegiatan seperti Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, Youtube Live, dan penyaluran konten audio visual lain dalam platform media sosial diharuskan menjadi lembaga penyiaran yang wajib berizin.

“Artinya, kami harus menutup kalau mereka tidak mengajukan izin,” ujar M Ramli.

Selain itu, Liputan6.com menyebutkan bahwa penggugat juga menyebut platform penyiaran menggunakan internet atau over the top (OTT) ini berkembang pesat dan secara sederhana dipahami sebagai layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi.

Tiga kategori layanan OTT menurut versi penggugat. Pertama, aplikasi seperti WhatsApp, Line, Telegram, Skype, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Kedua, konten/video on demand/streaming seperti Youtube, HOOQ, IfIix, Netflix, Viu dan lain sebagainya. Ketiga, jasa seperti Go-Jek, Grab, Uber dan lain sebagainya.

Mas MH Agus Rugiarto SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *