Tri Tito Karnavian Raih Penghargaan Penggerak Olahraga Masyarakat

Jakarta – Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Tri Tito Karnavian meraih penghargaan pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2020. Penghargaan dalam kategori penggerak olahraga masyarakat tersebut diterima Tri selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PB PERWOSI).

Bersama Tri, penghargaan sebagai penggerak olahraga masyarakat juga diberikan kepada Iskandar Zulkarnain Adisapoetra. Anugerah penghargaan itu diberikan kepada tokoh yang dinilai telah bekerja keras dan berinovasi dalam menggerakkan olahraga di Indonesia.

Pada puncak perayaan HAORNAS Tahun 2020 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun tidak lupa mengucapkan rasa syukur dan menjelaskan tema dalam HAORNAS 2020 ini. Yakni Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry dipilih Menpora sebagai tema besar dalam penyambutan hari olahraga ini.

“Kami di Kemenpora sadar betul bahwa sekarang ini dalam situasi yang krisis, oleh karenanya kita tidak bisa berpikir yang biasa-biasa saja, kita harus berpikir extra ordinary, tujuannya sport science untuk meningkatkan prestasi olahraga kita sekaligus kebugaran masyarakat, kemudian sports tourism dan sports industry untuk kebangkitan ekonomi nasional,” ungkap Menpora, di GOR POPKI, Jakarta Timur, Rabu (09/09/2020).

Ia pun menambahkan prestasi olahraga perlu dukungan sport science yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kebugaran dan prestasi olahraga.

Selanjutnya, sport tourism memiliki paradigma bahwa Indonesia harus membangun infrastruktur wisata olahraganya agar dapat dikenal dengan tradisi dan budaya olahraga, sebagai pembeda dengan negara lain. Aktivitas olahraga yang dikolaborasikan dengan pariwisata, baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi dapat menghadirkan industri pariwisata melalui olahraga yang dapat menguatkan kualitas acara olahraga dan membangkitkan perekonomian.

Ternyata, tidak cukup hanya dari prestasi dan pariwisata saja, olahraga pun membutuhkan peran dari pelaku industri. Zainudin meminta kalangan pelaku industri olahraga untuk semakin menyosialisasikan kepada para pemangku kepentingan untuk menggunakan lebih banyak peralatan olahraga yang merupakan produk dalam negeri.

Dalam HAORNAS 2020 penghargaan dalam berbagai kategori juga diterima oleh sejumlah tokoh Indonesia. Kategori pertama adalah pembina olahraga yang diberikan kepada Airlangga Hartarto (Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia), Mochamad Basuki Hadimuljono (Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia), dan Letjen TNI Joni Supriyanto (Ketum PB PERBAKIN).

Untuk kategori jurnalis olahraga penghargaan itu jatuh kepada Suryopratomo, sedangkan penghargaan kategori pelatih jatuh kepada pelatih angkat besi Joni Firdaus Efendi. Selanjutnya, untuk kategori atlet diberikan kepada Ni Nengah Widiasih (para-angkat besi).

Kategori terakhir yaitu Satyalancana Dharma Olahraga diberikan kepada Dian David Michael Jacobs (para-tenis meja), dan pemenang medali emas kategori ganda putra bulu tangkis pada Olimpiade 2000, Chandra Wijaya.

Acara Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Acara dilakukan dengan menerapkan secara ketat protokol kesehatan. Bahkan, para pemenang pun tidak dipanggil naik ke atas panggung. Tidak hanya itu, seluruh media dan tamu undangan pun dilakukan pengecekan kesehatan.

Puspen Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *