Ketum LBH: Satu Tahun Jokowi Memimpin Pertumbuhan Ekonomi Naik 2,9 Persen

JAKARTA– Besok Ketua Umum LBH Phasivic R Mas MH Agus Rugiarto SH, akan memaparkan dalam diskusinya bersama Aktivis Gerakan Pemuda Islam (GPI) Jakarta Raya, tentang Pencapaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/ 2020 terkait Kerja keras tim perekonomian Presiden Jokowi dalam mengatasi dampak Corona atau Covid-19 yang banyak membuat sektor usaha formal dan informal sempoyongan namun ekonomi bisa pertumbuh di 2,9 persen yang dianggap bukanlah perkara gampang.

Ia mengatakan berbagai stimulus seperti program Kartu Pra Kerja dan bagi-bagi sembako yang dilakukan pemerintah menyumbang tumbuhnya perekonomian Indonesia. Selain itu, pendorong lainnya adalah sektor industri telekomunikasi yang banyak mengkatrol pertumbuhan ekonomi sebesar 2,9 persen pada kuartal pertama, karena saat PSBB industri komunikasi banyak dikonsumsi masyarakat.

“Misalnya Telkom yang menjadi backbone industri telekomunikasi yang bisa menghidupkan usaha start up unicorn berkembang disaat Covid 19, dimana arus transaksi barang dan jasa tetap berjalan pada usaha penyediaan industri platform digital jasa market place,” katanya saat Kunjungannya ke Polda Metro Jaya Senin (19/10).

Begitu juga sektor industri alat kesehatan, obat-obatan baik herbal maupun farmasi, ikut mendorong ekonomi tetap tumbuh. Sektor ini, menurut Agus, dapat mendongkrak fungsi intemediasi perbankan tidak kering selama Covid-19.

Tumbuhnya sektor-sektor ini juga yang bisa menahan tidak terjadinya doomdays PHK buruh besar-besaran serta mati surinya sektor UKM.

” Ada hikmahnya Covid-19 , ada baiknya dan ada yang tidak baik, tinggal memanfaatkan situasi ini untuk berkarya, kreatif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *