Akhirnya Mendagri Menonaktifkan Bupati Boalemo

Inilah kehebatan Mendagri Prof. DR. Jendral Pol Tito Karnavian, tidak pilih buluh, mau bulu Musang ataupun buluh ayam , kalau namanya bermasalah dengan hukum pasti di non aktifkan

JAKARTA– Tamat Riwayat Bupati Boalemo yang dikenal Uang Segudang ini, Terbukti Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian memberhentikan sementara Bupati Boalemo, Darwis Moridu. Berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.75-3846 Tahun 2020.

Di dalam surat keputusan tersebut tertuang beberapa poin yang menjadi bahan pertimbangan atau bahan perhatian Mendagri yakni surat registrasi perkara Pengadilan Negeri Gorontalo dan Surat Gubernur Gorontalo Nomor 009/116/Pemkesra tertanggan 22 September 2020.

Mendagri Berhentikan Darwis Moridu sebagai Bupati Boalemo, Anas Jusuf Jadi Pelaksana Tugas 1
SK Mendagri terkait Pemberhentian Sementara Darwis Moridu sebagai Bupati Boalemo. (Screenshot)

Surat keputusan tersebut berbunyi memberhentikan sementara Darwis Moridu dari jabatannya sebagai Bupati Boalemo masa jabatan 2017-2022 sampai proses hukum yang melilitnya selesai dan mempunyai kekuatan hukum tetap.

Selanjutnya dalam surat keputusan tersebut, Mendagri menunjuk Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf sebagai pelaksana tugas Bupati Boalemo selama proses hukum Darwis Moridu bergulir.

Sebelumnya, Bupati dari PDI Perjuangan itu telah ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus penganiayaan yang menyebabkan kematian oleh Pengadilan Negeri Gorontalo dengan Register Perkara Nomor 160/Pid.B/2020/PN Gto tertanggal 7 September 2020.

Silaturahmi Agus Floureze dengan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Drs.Bahtiar.

Mantan Ketua YLKI Gorontalo yang sekarang Ketua LBH Phasivic Jakarta Pusat, Mengatakan, seharusnya pihak Bupati bicara baik baik dengan korban, sebelum dibawah kerana hukum, karena egonya akhirnya masalah ini terbawa kerana hukum

” Ini membuktikan bahwa Tito Karnavian tidak pilih buluh, mau bulu Musang atau bulu ayam, tetap dia sapuh bersih,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *