Surya Paloh Wartawan Senior,Dimata Agus Floureze?

R Mas MH Agus Rugiarto SH | Agus Floureze

Dimasa waktu Penulis sebagai Mahasiswa, sangat mengenal Surya Paloh sebagai Pemilik Media Metro TV, saat itu media tersebut tak diperhitungkan, bahkan dianggap Media Metro TV , televisi di cuekin, sekarang media tersebut menjadi penghasilan Terbesar, mengalahkan media televisi yang lainnya

Ditahun 2018 Belanja Iklan Metro TV telah mencapai Rp. 110 Triliun artinya belanja Iklan mencapai 13 Persen. Cukup luar biasa.

Menurut Penulis Surya Palo memiliki nama Lengkap Surya Dharma Paloh. Kalau menurut Penulis nama tersebut sakral dalam memahami dunia Metafisik, yang diartikan di dunia Hindu Hindia bahwa nama tersebut memiliki Cahaya Brata Brahma.

Surya Paloh Bersinar , karena sejarahnya tidak pernah mau di calonkan sebagai Presiden, sehingga penulis teringat kisah Mahapatih gajah Mada, orang yang hebat tidak berkeinginan menjadi Raja Majapahit.

Kini Restorasi itu yang membuat namanya dikenal , baik dikenal sebagai Pengusaha sukses, politisi senior, penguasa organisasi dan pemilik media nasional.

Agus Floureze Pengacara MK, belum pernah kalah

Hal menarik menurut Penulis terkait identik pria brewokan, kalau sekilas dilihat bisa dikatakan Wajah seorang ulama, bisa pula dikatakan seorang musisi .

Surya Paloh lahir di Kutaraja, Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, 16 Juli 1951. Ia seorang petarung sejati dalam dunia politik dan bisnis, dan menjadi Putra Aceh yang dikenang sepanjang masa.

Keberhasilan Kini Surya Paloh memiliki satu unit British Aerospace BAe 146. Pesawat pribadi yang hanya diproduksi sampai tahun 2001 ini mampu menampung 112 penumpang.

Artinya Penulis menjadikan sejarah Surya Paloh memberikan motivasi agar Wartawan tetap berkarya , sebagai tolak ukur kesuksesan Wartawan kedepan.

Tak berlebihan kalau Surya adalah cahaya, surya, tokoh bangsa dari Kutaraja yang bersinar di pentas politik dan bisnis tanah air. Ia mendedikasikan hati, waktu, tenaga, pikiran, dan duit untuk kemajuan dan kejayaan bangsa. Boleh jadi, di banyak usaha dan karya tangannya ribuan anak bangsa hidup dan mendedikasikan ilmu pengetahuannya di sana

Surya Paloh juga pengusaha sukses pemilik Media Grup, induk perusahaan yang mengelola koran nasional Harian Media Indonesia dan sebuah koran lokal, Lampung Pos. Bisnis Media Grup juga mengelola Metro TV, stasiun televisi swasta nomor wahid di Indonesia. Tak berlebihan kalau Metro TV identik dengan Surya Paloh, pengusaha media yang satu ini. Kini, Metro TV dipimpin Don Bosko Selamun, wartawan senior asal NTT kelahiran Manggarai, Flores.

Putra Surya Paloh, Prananda Surya Paloh, beberapa kali ngobrol bareng dalam sebuah suasana santai di tangga kantor di sela-sela jam istirahat. Prananda adalah anggota DPR RI dari Partai NasDem, partai besutan sang ayah. Ia lulusan Monash University, Clayton, Victorya, Australia.

Prananda Surya Paloh lahir di Singapura, 21 September 1988. Politisi muda ini menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia wakil dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara I, yang meliputi Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Serdang Bedagai. Awal bertugas di DPR ia ditempatkan di Komisi I bidang pertahanan, intelijen, luar negeri, dan komunikasi dan informatika. Ia juga mendapat tugas tambahan di Badan Kerjasama Antar Parlemen atau BKSAP.

Prananda jauh dari kesan anak seorang pengusaha nasional. Tinggi, kulit putih, dan ganteng seperti sang ayah. Prananda lulusan luar negeri. Familiar pula bila sudah larut dalam diskusi. Saya baru sadar diberitahu seorang sahabat kalau sosok di depan kami adalah putra Surya Paloh.

“Beliau ini Prananda. Putra Pak Surya Paloh,” kata sahabat saya setengah berbisik. “Saya staf Pak Viktor Laiskodat,” kata saya sembari menyalami Prananda. Viktor Bungtilu Laiskodat adalah sahabat baik Surya Paloh yang terpilih menjadi anggota DPR RI tahun 2014-2019.

Surya Paloh mendapuk Viktor Bungtilu Laiskodat, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan NTT 2, menjadi Ketua Fraksi NasDem DPR RI di awal masa tugas 2014 hingga awal 2018 sebelum Viktor masuk bursa pilgub NTT kemudian terpilih jadi gubernur. Kepercayaan atas kemampuan dan kejujuran kader Fraksi NasDem DPR sepertinya dibaca sungguh Surya Paloh kepada para kadernya. Johnny Plate, anggota DPR Dapil NTT 1 tak lama berselang ditugaskan sebagai Sekretaris Jenderal NasDem sekaligus Wakil Ketua Komisi Keuangan DPR RI.

Bagi penulis, pengalaman perjumpaan selalu jadi momen menggali banyak inspirasi hidup. Pengalaman sukses, kesederhanaan, komitmen, dan pergaulan yang tulus dengan siapa saja menembus sekat-sekat primordial. Salah satunya dari Prananda. Ia politisi muda, pintar, gaul, memasyarakat, dan sukses meniti karir di masa muda hingga mendapat kepercayaan masyarakat Sumatera Utara sebagai anggota DPR RI.

Akan halnya Surya Paloh. Boleh jadi ia pemimpin bertangan dingin dan piawai dalam kepemimpinannya. Misalnya di bidang politik dan bisnis. Kemajuan teknologi informasi yang dasyat memberi memberi peluang bagi masyarakat mengetahui kemajuan teknologi informasi tersebut dalam waktu yang singkat dan cepat. Termasuk gerak langkah dan kebijakan serta aktivitas para wakil rakyat.

Dalam pengantar buku Restorasi Parlemen Bersama Rakyat karya Viktor Laiskodat dan Johnny Plate, dkk, yang terbit tahun 2018 sebagai kado tiga tahun Fraksi NasDem DPR RI, Surya Paloh juga bicara soal kemajuan teknologi informasi. “Tidak ada hal yang bisa ditutup-tutupi atau disembunyikan, termasuk dalam hal performance politik dalam melakukan tugas pengelolaan urusan dan kebijakan publik.

Surya Paloh benar. Melalui performance politik yang baik, berikut mengembangkan sistem management bernegara yang transparan dan akuntabel, yang mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan tanggungjawab itulah, para wakil rakyat baik individu maupun kolektif serta partai politik akan mampu meraih simpati publik dan mampu pula meraih public trust serta apresiasi masyarakat.

Satu hal yang saya kagumi. Suaranya bariton. Pidatonya membakar semangat warga bangsa setiap ia melakukan orasi politik. Ia juga cermat membaca setiap peluang politik tekait kepentingan bangsa yang lebih luas. Hal ini nampak saat Jokowi didorong namanya pada Pilpres periode pertama bergandengan dengan Jusuf Kalla. Surya segera mengarahkan NasDem, partai yang ia dirikan, mendukung duet Jokowi-Kalla dan sukses mengantar keduanya di kursi RI 1 & RI 2. Tak berlebihan banyak kader NasDem pun dipercaya duduk di Kabinet Kerja Jokowi-Kalla.

Itu di level atas. Perhatian Surya Paloh juga menukik lebih dalam, ke kedalaman kerja-kerja intelektual anak bangsa. Eduardus Lemanto, seorang anak muda potensial asal Manggarai di Flores Barat, pun mendapat perhatian Surya Paloh. Tahun 2017, Edu Manto, lulusan Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan Bandung, menulis buku Restorasi: Rekonstruksi Menuju Keberadaban Politik.

Buku itu rupanya memantik perhatian Surya Paloh. Ia turun gunung dan berkenan memberikan pengantar buku itu. Ia mengapresiasi Edu karena telah mengangkat tema restorasi dalam sebuah karya ilmiah dan membedahnya secara akademik. Buku itu, kata Surya, memberikan pemahaman yang lebih luas kepada khalayak tentang termin restorasi yang selama ini digaungkan Partai NasDem.

“Buku ini memberikan pengakuan sekaligus penegasan bahwa pilihan Partai NasDem akan restorasi sebagai tagline semangat perjuangan melakukan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik merupakan pilihan yang tepat,” ujar Surya Paloh memuji Edu, mahasiswa program doktor bidang filsafat politik di sebuah kampus di Moscow, Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *