Maradona Si Tangan Tuhan

Ditulis : Dr Andry Wibowo Sik Mh Msi

Pada hari ini seorang legenda sepak bola dunia Diego Maradano Telah Wafat Meninggalkan Dunia Untuk Kembali Kepada Sang Penciptanya.

Dunia sangat mengenal maradona , sosok yang dikenal banyak orang lintas bangsa , lintas profesi bahkan lintas zamannya. Ia menjadi tokoh sentral permainan sepak bola pada era 80-90an yang begitu fenomenal dengan fisik yang tidak terlalu tinggi untuk ukuran atlit kelas dunia namun maradona mampu mengeksplorasi bakat alamiahnya menjadi seorang “ikonik” yang tidak saja mampu bermain cantik dan indah tapi menjadikan negaranya sebagai pemenang dalam kompetisi sepak bola global yang sangat ketat dengan kepemimpinan di lapangan hijau yang kharismatik .

Maradona juga menjadi pribadi yang sangat memegang prinsip ideologis pada pandangan sosial politiknya yang kokoh pada aliran aliran revolusioner sosialis meskipun juga hidup pribadinya penuh kejutan cerita karena jiwanya yang eksentrik tidak terbelenggu pada keajegan keajegan normatif sehingga keunikan kehidupan Maradona di dalam dan di luar lapangan selalu menjadi bahan pemberitaan yang selalu ditunggu tunggu oleh banyak orang.

Yes, Maradona bukanlah manusia super yang mampu merubah segalanya menjadi baik dan sukses. beberapa kali maradona menjadi pelatih klub sepak bola bahkan tim nasional sepak bola Argentina namun belum satu pun yang mampu mencapai prestasi dunia bahkan lokal sekalipun.

Maradona telah kembali kepada Sang Pencipta Nya , dari nya kita belajar , bahwa dunia sesungguhnya diisi dengan banyak orang dengan membawa bakat alamiah yang diberikan TuhanNya , namun juga disisi lain proses kehidupan akan menyempurnakan semuanya dan kesempurnaan itu akan muncul jika ia hidup dan mengeksplorasi pada tempat yang tepat .

Belajar dari itu Maradona telah mengajarkan kita tentang prinisp THE RIGHT MAN IN THE RIGHT PLACE , yang artinya setiap individu telah membawa anugerah kompetensi diri masing masing dan berbeda satu dengan lainnya dan ini menjadi bagian dari pijakan profesionalisme untuk membawa banyak kesuksesan bagi diri , kelompok , masyarakat bahkan negara.

Pelajaran yang penting dari kehidupan Maradona adalah tugas manusia yang hidup berkelompok dan berorganisasi untuk mewujudkan kesempatan yang adil dalam semua bidang dengan ukuran yang dapat dirasakan bersama dalam kompetisi yang sehat sehingga setiap individu akan mampu mengeksplorasi dirinya dalam system kerja sama yang baik dalam menggerakan roda kehidupan sosial yang besar dengan harapan muncul manusia manusia penuh bakat yang bisa memiliki kesempatan berkarya pada bidangnya dalam menggapai keberhasilan dan kebahagian bersama.

Maradona telah kembali, tapi hidupnya tetap akan dikenang sebagai sosok yang membuat dunia sepak bola menjadi indah khususnya dunia sepak bola Argentina, Rest In Peace “ Si Tangan Tuhan “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *