NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 28, 2021

Mungkinkah Irjen Pol Rahman Baso Dapat di Calonkan Jadi Kapolri?

JAKARTA– Penasehat FKPPI AF, termasuk orang pertama membumikan agar Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K  menjadi calon Kapolri pengganti Jendral H Drs Idham Azis, ternyata nama tersebut menjadi salah satu Calon Kuat Kapolri.

Kali ini Agus Floureze (AF) Pengacara Nasional ini, menginginkan kepada Presiden Jokowidodo agar Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso,dimasukan dalam Bursa kandidat calon Kapolri 2021, akan tetapi sayangnya dibulan Oktober 2021 akan pensiun dari kedinasan.

” Menarik juga Kapolda Sulteng sekarang ini, orangnya sangat dekat dengan masyarakat, buktinya kemarin di lokasi di Lemban Tongoa Kec. Palolo Kab. Sigi, Sulawesi Tengah, tempat Pembunuhan dan Pembakaran oleh Kelompok MIT Poso, memikul kayu dan membantu mengangkat Batako untuk kepentingan pembangunan rumah tersebut, ” ujar Ketum LBH Phasivic Jakarta Pusat 2 Periode ini.

Diapun menambahkan, Kedatangan dirinya ke Palu, tidak berpikir sosok Kapolda Sulteng sehebat ini, bahkan dalam pemikirannya sosok Rahman Baso orangnya sulit untuk bertemu atau memilih tamu untuk berkunjung kepada dirinya.

” Saya rasa beliau ini seangkatan dengan Pak Kapolri, hal wajarlah saya berkeinginan kepada Presiden Jokowidodo agar dapat namanya dimasukan sebagai calon Kapolri, tapi kendalanya dipensiunnya sudah dekat, karena orangnya tukang blusukan juga,” tegas Wartawan Senior ini.

Darah Floureze dan Jawa timur ini mengatakan pula, ada beberapa Kapolri yang pernah menginjak Bumi Tadulako Palu yang berhasil menjadi Kapolri diantaranya Tito Karnavian dan Idham Azis.

Pertemuan AF dengan petinggi Golkar di Jakarta

” Bagaimana saya tidak tau mereka? Waktu Kerusuhan Poso, Bang Tito dan Idham, pernah satu tim di Poso, dan saat itu saya masih aktivis mahasiswa Untad, sekarang saya mulai tertarik dengan Kapolda baru ini ey,” ujarnya saat berkumpul dengan kader kadernya di Hotel Wisata Palu.

Eks Wakil Komandan Korbrimob Polri ditunjuk sebagai Kapolda Sulteng, menurut Agus Dalam perjalanan karirnya, Abdul Rakhman dikenal sebagai perwira yang panjang kariernya di Brigade Mobil (Brimob).

” Saya dapat no..cocok Bang Rahman jadi Kapolri, ternyata orangnya tidak seperti saya duga, ternyata orang blusukan loh,'” ujar Kawan Pengacara Sunan Kalijaga ini.

Dia dikenal Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 tercatat empat kali menjabat sebagai Kasat Brimob yaitu di Polda NTT (2001), Polda Sulawesi Tenggara (2002), Polda Sumatera Selatan dan Kasat Brimob Polda Jabar (2012).

Sebelum akhirnya dipercaya menjadi Kapolda Sulteng oleh Kapolri, Rakhman sempat menjabat Anjak madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013), Kabagops Korbrimob Polri (2015), Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017) dan Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018).

Foto lama sebelum Covid 19

Meski memiliki latar belakang sebagai anggota Brimob, Rakhman dikenal memiliki sifat yang tegas akan tetapi tetap humanis. Semisal saat dirinya menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung dan menghadapi demo di depan Gedung Sate yang menjadi pusat pemerintahan di kota Bandung.

Alih-alih menyiapkan pasukan untuk siap tempur, dia justru memerintahkan sekitar 1.500 aparat gabungan dari Dalmas Polda Jabar, Dalmas Polrestabes Bandung, serta Pasukan dari Satbrimobda Jabar menenangkan diri, lalu duduk bersimpuh dengan barisan yang teratur dan berzikir melantunkan kebesaran Allah SWT.

Saat itu Dia menyadari akan tugas dan risiko yang ditempuh dan dia juga tahu siapa yang ada di hadapannya, sehingga tidak mungkin Rakhman menyerang adik, rekan dan saudara sendiri. Suasana damai pun tercapai, penyampaian aspirasi tetap dilakukan oleh para pendemo, namun tidak ada aksi anarkis yang terjadi.

(Hafid/Nazar/Endi/Iskandar)











Incoming search terms:

  • anak dari abdul rakhman baso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *