NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 28, 2021

Sekarang Menteri Agama Dipegang Oleh NU, Walikota Surabaya Jadi Mensos

JAKARTA– Akhirnya Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet hari ini.

Dalam konferensi pers yang digelar Jokowi secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa (22/12), 6 Menteri dilakukan pergantian diantaranya Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf), Menteri Kesehatan dan Menteri Perdagangan.

Jokowi menjelaskan alasan mengapa ia melakukan reshuffle kabinet, sebagai peningkatan dan penyegaran di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid dua.

“Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju. Saya akan memperkenalkan satu persatu,” kata Jokowi.

Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Mensos.

Selanjutnya Jokowi memperkenalkan pula Sandiaga Uno sebagai Menteri Parekraf.

” Sandiaga Uno ini dulu Wagub DKI, ketua HIPMI, saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab memimpin Kementerian Parekraf,” jelas Jokowi.

Kemudian, Budi Gunadi Sadikin mantan Dirut Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN yang akan menduduki Jabatan Menkes.

Kemudian ada namanya pendatang baru Yaqut Cholil akan menjadi Menag untuk menggantikan Fachrul Razi.

Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975 merupakan putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa dan saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama. Gus Yaqut adalah tokoh muda Rembang

Kelima, yang disebut Jokowi adalah Wahyu Sakti Trenggono, sebelumnya Wamenham akan diberikan tanggung jawab sebagai Menteri KPm

” Wahyu ini Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri KP,” kata Jokowi.

Yang Terakhir disebut Jokowi adalah, Dubes RI untuk AS M. Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *