2020 Bea Cukai Belum Temukan Kayu Ilegal Logging yang di Ekspor

JAKARTA– Kepada Nasional Suara Merdeka. com, Bagian Penanggung Jawab Ekspor Bea cukai Pantoloan Sulawesi Tengah (Sulteng) Hamada, Rabu (24/12) mengatakan, bahwa ditahun 2020, Pihak Bea Cukai belum menemukan Kayu yang berasal dari Ilegal Loging, karena kebanyakan Kayu yang di Ekspor berasal dari Kayu Olahan yang suda jadi.

” Untuk Ekspor Kayu Keluar Provinsi Sulteng Masih kurang, bahkan Kayu Ekspor yang berasal dari Ilegal Loging tahun 2020 belum ada, ” ujarnya.

Menurutnya yang pernah ditangani Perkara Ilegal Loging Kayu pada Tahun 2019 yang bersifat lokalan.

” Memang ditahun 2019 pernah terjadi Ilegal Loging , tapi masih bersifat lokal lokalan dan kasus tersebut telah dilakukan Pelimpahan Kedinas Kehutanan Provinsi,” ujarnya.

Diapun menambahkan Proses Pemeriksaan Bea Cukai salah satunya menggunaka dokumen surveyor Sucofindo dan dukungan dokumen pelengkap sekaligus Pemeriksaan fisik barang ,

Diapun menambahkan syarat lain untuk melakukan ekspor terkait Pemberitahuan Ekspor Barang dan Nota Pelayanan Ekspor, Invoice pekinglis.

Sedangkan yang bersifat Kayu glondongan komunitas yang dilarang harus di keloloh terlebih dahulu baru bisa di Ekspor.

Sedangkan soal Pemeriksaan Izin Kayu, IPK dan lain sebagainya merupakan kewenangan Dinas Kehutanan setempat dan Pol Airud Polda Sulteng. (AF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *