NASIONAL
SUARA MERDEKA
December 4, 2021

Agus Floureze Mengencam Keras Tindakan Peretasan kepada Media Tempo

JAKARTA– Bukan hanya Kuasa Hukum Tempo yang akan mengejar Peretasan terhadap media Tempo, melainkan Dewan Pers dan Ketua Umum LBH Phasivic Jakarta Pusat Agus Floureze (AF) Pengacara yang berlatar belakang Wartawan Senior akan mengejar Pelaku Peretasan Terhadap Media Tempo, dikhawatirkan akan terjadi kepada media lain .

Peretasan yang diistilahkan Pembobolan Link media, kali ini yang menjadi korban Media Tempo adanya tulisan Pembagian Bantuan Sosial, yang seolah olah ditulis media Tempo, padahal sama sekali Pemberitaan tersebut bukan datang dari media online Tempo.

” Beberapa Jenis yang dilakukan oknum pelaku Ciber melakukan Retas, membongkar dokumen rahasia media, atau membuat berita seolah olah olah ditulis media tersebut padahal tidak benar, ini bisa saja terjadi kepada media online lainnya, sasaran utama media media ternama.

Pengacara AF yang Juga Pemilik Media Nasional Suara Merdeka dan Suara Phasivic ini, mengatakan, bahwa Pelaku Peretasan harus dikejar dan ditangkap kepolisian karena sangat meresahkan media, dikhawatirkan ulah Pelaku bisa menjamur kepada media lain.

Sekalipun peretasan tidak berlangsung lama, Agus menilai Peretasan telah jelas-jelas melanggar hukum.

Dan hal itu, telah diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, yang menyebutkan setiap orang yang menghalangi kebebasan pers terancam penjara maksimal dua tahun, dan denda maksimal Rp 500 juta. Kedua, Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE, yang menyatakan mengakses secara melawan hukum adalah tindakan pidana. 

Tindakan peretasan ini juga melanggar hak atas rasa aman yang merupakan bagian dari hukum hak azasi manusia, dan pelanggaran atas hak digital.

Diatur juga dalam Pasal 30 ayat (1) dan Pasal 46 ayat (1) bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun dapat dikenakan sanksi pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun penjara. (TIM)











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *