Kok Bisa WP Belum Terbit, Izin Pertambangan Terbit di Pohuwato, Bisa Jadi Masalah Itu?

JAKARTA. Ketua Umum LBH Phasivic Jakarta Pusat R Mas MH Agus Rugiarto SH yang biasa disapa Agus Floureze, Saat Kunjungangannya ke Kabupaten Pohuwato Gorontalo Jumat (15/1) Mengatakan Kuat Dugaan bahwa Pemerintah Provinsi Gorontalo Belum mengeluarkan Penetapan Wilayah Pertambangan (WP) akan tetapi sudah ada Perusahaan Pertambangan Emas Beroperasi.

” Jika WP belum beres, sudah pasti WUP dan WIUP tak bisa ditetapkan. Dan, jangan berharap IUP baru bisa dikeluarkan, Kok Anehnya ada Perusahan Pertambangan Beroperasi di Pohuwato berjalan,” Tegas Penasehat FKPPI Jakarta Utara ini.

Pertemuan Ketua Umum LBH Phasivic Jakarta Pusat Agus Floureze dan Ketua APRI Kabupaten Pohuwato Lakukan Pertemuan Berlangsung Hampir 3 Jam

Dia mengatakan, jangan sampai Persoalan ini menjadi Bumerang yang beresiko hukum di kemudian hari.

” Kalau Kapolres Lakukan Penegakan Hukum, jangan cuma Penambang Rakyat, itu Perusahaan Penambang itu dibersihkan, karena saya anggap cacat formil izinnya,” tegas Pemilik 2 Media Nasional ini.

Diapun mengatakan Izin Pertambangan di Pohuwato tersebut bersifat Piramida Terbalik, Belum ada WP, akan tetapi Izin Pertambangan Terbit.

” Kalau saya sih Kapolres jangan Tebang Pilih membersihkan Alat berat, jangan cuma Penambang Rakyat dan harus Perusahaan Pertambangan di Pohuwato dibersihkan Alat berat juga, dan jangan sampai masalah ini blunder” tegas Pengacara Nasional ini.

Lanjut Agus kalau belum ada WP, bagaimana memastikan Pemetaan Tambang yang dikelola Kontrak Karya dan Penambang Rakyat, sehingga Bisa jadi Perusahaan Kontrak Karya dikelompokkan penambang rakyat

Ketika di Konfirmasi Ketua Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Pohuwato Limonu Hippy, membenarkan bahwa WP belum diterbitkan oleh Pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo, akan tetapi Izin Pertambangan dikeluarkan kepada Perusahaan Tambang dari Kementrian ESDM suda ada.

Menurutnya Pihak Pemerintah dalam hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kabid Pertambangan Provinsi Gorontalo kepihak APRI beberapa hari kemarin, bahwa tahapan penetapan Wilayah Pertambangan (WP) untuk Pohuwato oleh kementrian ESDM nanti bulan maret 2021.
Setelah itu baru ditetapkannya akan ditetapkannya segala bentuk izin usaha didalamnya.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kabid Pertambangan Provinsi Gorontalo ke kami beberapa hari kemarin, bahwa tahapan penetapan Wilayah Pertambangan (WP) untuk Pohuwato oleh kementrian ESDM nanti bulan maret 2021 nanti,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *