NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 29, 2021

Kepala Bappenas Menyampaikan 4 Bidang Kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Swiss dalam Launching SECO

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan 4 program kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah Swiss dalam acara launching SECO (Switzerland’s Economic Cooperation Program with Indonesia Development Cooperation Program 2021 – 2024, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021.

“Di bawah Program Kerja Sama Ekonomi baru ini, selama 4 tahun ke depan, kami akan memperdalam dan meningkatkan kerja sama di bidang usaha kecil dan menengah yang berorientasi ekspor, pendidikan dan pelatihan kejuruan, infrastruktur perkotaan, dan pengelolaan keuangan publik,” ujar Menteri Suharso.

“Kami juga menangani pariwisata untuk melanjutkan kerja sama kami yang sedang berlangsung.Rencana kerja sama untuk 4 tahun ke depan akan memperkuat kerja sama pembangunan jangka panjang yang berkontribusi pada pembangunan sosial ekonomi dan kerja sama ekonomi bilateral kami,” kata Menteri.

Hingga akhir 2019, terdapat lebih dari 500 proyek Swiss Direct Investment dengan akumulasi modal saham US $ 6,5 miliar. Selain itu, terdapat pula 150 perusahaan Swiss yang aktif di Indonesia dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 50 ribu.

“Kerja sama pembangunan kita diharapkan dapat berkontribusi untuk memulihkan nilai perdagangan bilateral kita yang telah mencapai US $ 2 miliar pada tahun 2017,” ucap Menteri.

Untuk memastikan pelaksanaan Program Kerjasama Pembangunan yang efektif dan integrasinya dengan program kerjasama sektor lain, komunikasi yang terus menerus harus selalu dijaga.

“Konsultasi Perdagangan dan Ekonomi Bilateral Tahunan kami adalah platform yang paling tepat untuk mengawasi dan mengevaluasi Program,” ucap Menteri.

Indonesia menilai semua kerjasama pembangunan sama pentingnya untuk mendukung tujuan strategis pembangunan nasional, dan kerjasama bilateral dengan Swiss menjadi bagian yang tidak terpisahkan,

“Kita targetkan di tahun 2045 kita tidak hanya memperingati 100 tahun sebagai bangsa merdeka tetapi yang terpenting Indonesia akan sejajar dengan Swiss sebagai negara berpenghasilan tinggi.Rencana ambisius pemerintah Indonesia pada tahun 2036 adalah Indonesia akan lulus dari negara berpenghasilan menengah menjadi negara berpenghasilan tinggi,” pungkas Menteri.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *