Jumlah Terus Meningkat Setiap Tahun, Penambang Rakyat Butuh Perhatian Lebih dari Pemerintah

Oleh : Zahara Dianti Harahap

Indonesia saat ini merupakan wilayah yang kaya akan daerah tambang seperti tambang pasir, minyak dan gas alam, batu bara, emas, dan masih banyak lagi. Pesatnya peningkatan pertumbuhan sektor pertambangan di Indonesia, nyatanya tak lepas dari tuntutan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tak lepas dari itu, masyarakat yang tinggal di daerah pertambangan, mau tak mau menjadikan dirinya sebagai penambang untuk melanjutkan hidup. Hal ini menjadikan penambang rakyat semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Pada tahu 2018, ada sekitar 3,6 juta penambang rakyat dan 1,2 juta diantaranya penambang emas.

Namun, meningkatnya jumlah penambang rakyat di Indonesia, tak sebanding dengan perhatian dan perlindungan lebih dari pemerintah. Hal ini dapat dilihat dari porsi pengaturan perundang-undangan mengenai pertambangan rakyat yang tidak banyak.

Dengan tidak adanya perhatian hingga perlindungan yang lebih terhadap penambang rakyat, tentu saja dapat merugikan pertambangan di Indonesia, terlebih massa yang masuk dalam kategori penambang rakyat.

Padahal, jika penambangan rakyat diperhatikan lebih jelas, tentu saja akan memberikan sumbangsih baru dalam struktur pendapatan daerah berupa pajak atau retribusi.

Selama ini, bahkan banyak masalah yang terjadi dalam pengelolaan pertambangan rakyat. Contohnya saja terkait perizinan, banyaknya tambang illegal, masalah lingkungan dan keselamatan kegiatan tambang, dan lainnya.

Dengan begitu, saat ini diharapkan pemerintah dapat mengatur regulasi perundang-undangan baru untuk kelangsungan hidup dari penambang rakyat, memeberikannya perhatian lebih serta perlindungan lebih. Perlindungan penambang rakyat bisa saja dilakukan dengan memberikan jaminan keamanan atau asuransi keselamatan kerja, mulai dari kecelakaan ringan, berat, hingga kematian. Hal ini tentu saja lebih berarti daripada tidak adanya perlindungan yang diberikan sama sekali.

Tak hanya itu, perhatian yang dapat dilakukan pemerintah bisa saja dengan mempermudah segala izin dalam mengurus pertambangan, tentang batasan penambang rakyat, agar sebagian pihak tak melihat pertambangan rakyat sebagai praktik yang merusak lingkungan.

Perlindungan dan perhatian lebih juga dibutuhkan oleh penambang rakyat terhadap sikap apparat yang dipandang begitu represif terhadap penambang rakyat. Kehadiran pemerintah melalui aparat justru selama ini menjadi upaya untuk menghilangkan pertambangan rakyat dari bumi Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu momok menakutkan oleh penambang rakyat hingga saat ini dan butuh perhatian lebih dari pemerintah akan hal tersebut.

Penambang rakyat juga selama ini sering dituduh sebagai penyerobot wilayah IUP. Alhasil, kebanyakan pemerintah merekomendasikan untuk penambang rakyat beralih profesi. Bagaimana bisa mereka beralih profesi jika profesi yang sudah digeluti dari awal adalah menambang.

Sampai saat ini, penambang rakyat masih sangat berharap adanya perlindungan dan perhatian lebih dari pemerintah akan kasus-kasus di atas. Belum ada kata terlambat jika pemerintah benar-benar ingin mendorong agar pertambangan rakyat semakin maju. Dengan begitu, bukan tidak mungkin ekonomi dareah tambang juga akan meningkat seiring dengan adanya perlindungan penambang rakyat dari pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *