Peringati HKB 2021, NasDem Palu Gelar Simulasi Kewaspadaan Bencana di HUNTARA Kampung Lere

JAKARTA– DPD Partai NasDem Kota Palu kembali gelar Gema Ramadhan Sesi-7 pagi tadi di Huntara Mercy Malaysia Kel. Lere, Kecamatan Palu Barat, 26 April 2021. Bertepatan hari ini adalah hari Kesiapsiagaan Bencana. “Iya kami peringati HKB 2021 tahun ini dengan Kegiatan Simulasi Evakuasi Mandiri yang merupakan bagian dari Peringatan HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) ini sambil meneruskan pembagian Sembako NasDem Peduli kepada seluruh penyintas yang menghuni HUNTARA Mercy Lere disini”, demikian Asrul Paresa, Ketua Badan RESCUE NasDem Kota Palu ditemui di venue kegiatan, di Jalan Diponegoro Palu pagi tadi.

Dikomandani oleh Plt. Ketua DPD Partai NasDem Kota Palu, Yahdi Basma, SH bersama Ketua Badan Rescue Partai NasDem Kota Palu, simulasi evakuasi pada Senin, 26 April 2021, tepat pukul 10.00 WITA, ditandai dengan bunyi sirene oleh Ketua RT Suwandi dengan gunakan sarana pengeras suara Mushallah Huntara.

“Sebelum memulai sambutan, dalam rangka peringatan HKB ini, mari kita awali dengan prosesi Mengheningkan Cipta bagi sampesuvu sarara, totua/sanak saudara kita yang mendahului saat bencana PASIGALA di 2018 kemarin. Saya pun kehilangan ibu kandung ketika likuefaksi meluluh lantakkan Kelurahan Petobo. Demikian pula bapak/ibu disini, banyak yang kehilangan keluarga terkasih. Untuk itu, mari kita kirimkan Suratul Fatiha kepada mereka yang telah mendahului.” Ucap Yahdi saat membuka kegiatan usai simulasi evakuasi dilaksanakan.

“Harapan saya, tentu ke depannya EWS (Early Warning System) atau Peringatan Dini tentu bisa jauh lebih baik lagi dari yang kita miliki saat bencana 2018 melanda. Sebagaimana di negara maju, Peringatan Dini tersebut mampu meminimalisir jumlah korban jiwa.” Lanjut Yahdi.

Yahdi juga mengemukakan, pertanda “bahaya” kelak dapat disampaikan bukan hanya melalui bunyi sirine saja. Ketika bencana terjadi, bunyi kentungan, tiang listrik maupun panci juga bisa dipakai sebagai tanda “bahaya” bencana.

Salah seorang warga RT 01 RW 003 yang menghuni Huntara Mercy Malaysia di Kel. Lere, Suanta, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Partai NasDem, khususnya Kota Palu. “Terimakasih Partai NasDem.” Ucap Pak Suanta sambil mengacungkan jempolnya sembari menggendong bayi perempuannya. “Kalau bisa kami juga diberikan bantuan air bersih. Saat ini air bersih hanya dialirkan melalui selang ke Mushalla. Sedang kami yang ditenda ini, airnya berwarna cokelat susu. Kulit sudah gatal semua. Bayi saya pun begitu.” Tutur Pak Suanta sambil menunjukkan ruam kulitnya & bayinya.

Lebih dari 150 KK di Huntara Lere juga menjadi penerima Paket Sembako NasDem Peduli hari ini.

“Dilaporkan selanjutnya, sesi-8 Gema Ramadhan DPD Partai NasDem Kota Palu akan dilanjutkan sore ini di Kecamatan Ulujadi dengan menyasar 3 (tiga) Huntara di Kel. Donggalakodi.

(CR-Inum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *