504 Kendaraan Dinas, Kasad: Pengadaan Terbesar Dalam Sejarah TNI AD

⁣⁣JAKARTA– Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI, Andika Perkasa, menyerahkan 547 unit kendaraan dinas yang terdiri 309 kendaraan roda empat dan 238 kendaraan roda dua, hasil pengadaan tahun anggaran 2020.

“Saya hanya titip, kalau tahun ini mobilnya 309 unit kemudian sisanya motor, sehingga total 547 unit, tahun depan lebih banyak,” ujar Jenderal TNI Andika Perkasa, sebagaimana rekaman video yang unggah Dinas Penerangan TNI AD di media sosial, Sabtu, 1/5/2021).

Sejatinya kendaraan dinas dan operasional prajurit TNI AD yang ada saat ini sudah masuk ke dalam peremajaan. Namun karena ada prioritas lain, pengadaan kendaraan dinas dan operasional baru bisa dianggarkan pada tahun 2020.

Menurut Andika, penyerahan kendaraan dinas ini menjadi salah satu yang terbesar karena dilakukan dalam satu kali pengadaan langsung.

“Saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan,” kata dia.

Tidak hanya para pejabat dari setiap satuan yang diberikan, Jenderal TNI, Andika Perkasa, juga memberikan kendaraan yang dikhususkan untuk satwa kepada satuan Polisi Militer Angkatan Darat.⁣⁣
⁣⁣
“Lihat kendaraan yang berwarna biru dan putih untuk Polisi Militer, itu adalah kendaraan yang dikhususkan untuk satwa. Bagus sekali kan,” ungkap Kasad.

Menurutnya pengadaan mobil dinas ini merupakan bentuk usaha Markas Besar TNI AD untuk memberikan yang terbaik kepada satuan-satuan di bawahnya.

“Kami disini di markas besar pasti memikirkan semuanya, berusaha yang terbaik untuk menyiapkan apa yang mungkin begitu lama gak pernah ada,” ujar Andika.

Adapun kendaraan dinas yang diberikan antara lain berjenis Land Cruiser Prado, Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Expander, hingga double cabin.

Kendaraan dinas yang diberikan juga mengikuti kebutuhan dan kontur wilayah. Semisal kendaraan dinas dan operasional untuk Kodam Cenderawasih diberikan mobil berkabin ganda.

Sedangkan untuk kendaraan motor bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) akan lebih dulu diprioritaskan kepada dua Kodam, yakni Papua dan Papua Barat.

Andika menegaskan bahwa ia bersama seluruh staf di Markas Besar TNI AD, akan fokus memberikan fasiitas baik berupa kendaraan dinas, perumahan hingga kelengkapan harian setiap prajurit, demi mendukung kinerja TNI AD disetiap Kesatuan

“Kami di Mabesad akan selalu mendukung, namun saya titip untuk setiap fasilitas yang diberikan tolong dijaga dan dirawat,” tegasnya.

Menurut Andika, jumlah pengadaan kendaraan dinas pada anggaran 2021 akan lebih besar dari pengadaan di tahun 2020. Namun, ia belum dapat memastikan jumlah kendaraan yang akan dibeli untuk tahun anggaran 2021.

Saat acara serah terima kendaraan di Markas Besar TNI AD, Kasad didampingi Ibu Hetty Andika Perkasa, bersama para Asisten Kasad. Pemberian kepada para penerima maupun perwakilan dari setiap satuan dilakukan di Markas Besar TNI Angkatan Darat.⁣⁣
⁣⁣
⁣⁣Di kesempatan berbeda, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, menyatakan penyerahan 547 kendaraan dinas TNI sebagai bentuk apresiasi negara untuk prajurit TNI AD.

DPR menilai penyerahan 547 kendaraan dinas ini bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan sekaligus pemenuhan sarana pendukung dalam tugas pokok prajurit TNI.

“Penyerahan kendaraan dinas untuk para prajurit TNI ini salah satu ikhtiar Komisi I DPR dan bersama TNI khususnya TNI AD dalam rangka peningkatan kesejahteraan prajurit,” ujar Meutya Hafid, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (1/5/2021).

Terkait performa kendaraan dinas yang diberikan untuk para prajurit TNI AD itu, Meutya mengaku sangat bagus dan cocok digunakan prajurit dalam bertugas di lapangan.

“Saya sempat coba motornya ditemani KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa. Bagus dan gagah motornya, dan saya rasa kendaraan ini bisa membantu para prajurit TNI bertugas di lapangan,” ujarnya.

Ia pun berharap para prajurit dapat merawat dan menggunakan kendaraan baru itu sebaik-baiknya sehingga usia pakai kendaraan dapat bertahan lebih lama.

PENULIS : M. RAIN DALING, S.Hum / NSM

⁣⁣

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *