NASIONAL
SUARA MERDEKA
January 23, 2022

Andika Perkasa Akui Ada Oknum Anggota TNI Asal Papua Yang Membelot ke KKB

JAKARTA – KSAD Jendral TNI Andika Perkasa membenarkan informasi terkait oknum anggota TNI yang membelot dan bergabung ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. KSAD menegaskan jika oknum tersebut terdeteksi masih berada di Papua.

Oknum anggota TNI yang membelot tersebut berasal dari Wamena Papua dengan identitas Lucky Y Matuan alias Pratu Lukius.

“Prajurit kita ini masuk tahun 2015 sebenarnya. Dia berusia 24 tahun lahir dan besar di Wamena dan ditempatkan setelah bertugas di salah satu Batalyon Infanteri di Jawa Tengah,” terang Andika saat konferensi pers di Markas Pomdam Jaya Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Andika mengatakan, saat timnya ditugaskan ke Papua, oknum tersebut diketahui meninggalkan posnya pada tanggal 12 Februari 2021 dan membawa 2 Magazine/tempat menyimpan 70 peluru ukuran 5,56 mm dan sudah dikenakan pasal THTI (Tidak Hadir Tanpa Ijin) sebelum dikenakan sangsi tegas selanjutnya.

Andika mengatakan jika insiden pembelotan tersebut akan dijadikan evaluasi internal TNI agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Pencarian kepada yang bersangkutan masih terus dilakukan baik secara fisik maupun eloktronik, dan saya mendapat informasi keberadaan yang bersangkutan masih ada di Papua,” jelasnya.

Kabar bergabungnya Pratu Lukius ke KKB Papua sebelumnya diungkapkan oleh Juru Bicara OPM, Sebby Sembon.

Sebby mengatakan ada seorang prajurit TNI yang telah bergabung dengan TPN sejak Februari lalu atas kesadaran sendiri dan saat ini bersama pasukan TPNPB.

“Lucky Matuan mantan anggota TNI yang bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) bertugas di pos TNI Bulapa Kabupaten Intan Jaya,” ungkapnya.

Sudrajat











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *