KABAR GEMBIRA!! Ijin IPR Untuk Orang Perseorangan Diperluas Menjadi 5 Ha!!

JAKARTA – Pemerintah baru saja menelurkan undang-undang baru terkait ijin pertambangan rakyat dalam Undang Undang No 3 Tahun 2020 yang merupakan perubahan kedua atas UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba.

Melalui UU No. 3/2020 IPR (Ijin Pertambangan Rakyat) dapat dikeluarkan untuk orang perseorangan paling luas 5 Ha berbeda dengan peraturan Minerba sebelumnya yang mana ijin orang perseorangan paling luas hanya 1 Ha.

Perubahan peraturan ini ditujukan untuk semakin memudahkan izin untuk kegiatan pertambangan rakyat.

Perubahan aturan juga dipercaya akan mampu mengangkat derajat pelaku usaha pertambangan rakyat yang selama ini kerap termarjinalkan.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan, semangat perbaikan kondisi pertambangan rakyat ditempuh guna memperkuat posisi pertambangan rakyat layaknya kegiatan pertambangan yang mendapatkan Izin Usaha Pertambangan, pemegang Kontrak Karya, maupun Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

“Selama ini pertambangan rakyat itu dalam ukuran kecil, termarjinalkan. Kami berusaha bagaimana meningkatkan bargaining position daripada pertambangan rakyat,” kata Bambang Gatot dalam Diskusi Publik RUU Minerba sebagai Upaya Perbaikan Tata Kelola Pertambangan Nasional.

“Ini dalam rangka memberikan rakyat lebih leluasa lagi melakukan kegiatan pertambangan,” jelas Bambang.

Dengan adanya kegiatan pertambangan rakyat yang lebih jelas, Pemerintah mengharapkan akan memberikan sumbangsih baru dalam struktur pendapatan daerah berupa pajak dan/atau retribusi.

Ratu Tiara |NSM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *