SUARA
MERDEKA
June 18, 2021

Kadin Kediri Memaksimalkan UMKM Daerah Agar Mendunia Dengan Memperluas Pasar Ekspor

JATIM– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri, Jawa Timur, bersiteguh mewujudkan UMKM di daerah setempat dapat mendunia dengan perluasan ekspor produk yang dihasilkan ke pasar luar negeri.

Ketua Kadin Kota Kediri Sholikin mengemukakan Kadin berupaya semaksimal mungkin agar UMKM terutama di Kota Kediri semakin maju. Hal ini juga menjadi salah satu program dari Kadin bahwa di tengah pandemi COVID-19 UMKM harus maju.

“Kadin Kota Kediri sebelumnya telah berhasil mengukir prestasi nasional, salah satunya rekor MURI yang didapatkan dari kegiatan pameran UKM virtual. Kami berkomitmen Kadin Kota Kediri bisa go internasional dan apa yang kami kerjakan bersama mendapat rida Allah SWT,” kata Sholikin di Kediri, Senin.

Sholikin dalam kegiatan pelantikan Kadin Kota Kediri masa bakti 2021-2026 tersebut berharap Kadin Kota Kediri ke depan menjadi lebih baik. Beberapa program telah dibuat, sehingga ke depan UMKM bisa menjadi lebih baik.

“Ini semua berkat kerja keras pengurus Kadin yang dengan ikhlas turut membangun Kota Kediri,” kata dia.

Di tengah pandemi COVID-19, Sholikin yang dua kali terpilih sebagai Ketua Kadin Kota Kediri itu terus memikirkan langkah strategis guna membuat UKM di Kota Kediri terus bangkit. Dengan itu, diharapkan perekonomian nantinya segera pulih.

“Kami mencanangkan ekspor ala UMKM. Kami telah menjalin kerja sama di lima benua dengan diaspora untuk mempermudah proses pengiriman barang kita ke luar negeri,” kata Sholikin.

Ia mengatakan pada 2020 Kadin Kota Kediri telah membuat Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Berdi Australia Pty untuk ekspor produk UKM senilai 500.484,95 USD. Selain itu, ia juga sudah bekerjasama dengan diaspora lain yakni Australia, Belanda, Qatar, Laos, Mesir dan Amerika Serikat.

UMKM, tambah dia, pun harus siap. Terlebih lagi bandara di Kabupaten Kediri direncanakan segera beroperasi awal 2023.

“UMKM kita harus siap, bandara internasional ini nanti akan membawa dampak yang luar biasa untuk perekonomian kita,” kata dia.

Pengukuhan pengurus Kadin Kota Kediri yang baru juga dilakukan santunan anak yatim. Total terdapat 150 anak yatim yang mendapatkan bantuan. Namun, bantuan diberikan secara simbolis, karena masih pandemi COVID-19.

Sholikin juga berterimakasih atas amanah yang diberikan. Selain melantik ketua, dalam pelantikan yang dilakukan langsung oleh Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur Adek Dwi Putranto ini juga dilakukan pelantikan kepada seluruh dewan pengurus dan dewan penasehat Kadin Kota Kediri

Dimas





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *