August 16, 2022

Libur Akhir Pekan Berakhir, Pasar Tanah Abang Tetap Ramai

JAKARTA – Membludaknya pengunjung pasar Tanah Abang saat akhir pekan kemarin, tidak terjadi ketika rutinitas perkantoran mulai kembali pada Senin (3/5/2021). Meski begitu, titik keramaian pasar terbesar se-Asia Tenggara tersebut tetap nampak di beberapa sudut, seperti yang terlihat di blok A dan blok F.

Dari pantauan dilapangan, sejak pagi hari telah berjaga ratusan petugas yang terdiri dari tiga pilar, yakni TNI, Polri dan unsur pemerintah daerah, yang diwakili Satpol PP. Namun, aktivitas jual-beli dan hilir mudik warga Jabodetabek yang hendak berbelanja tidak kunjung surut.

Imbauan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan pengelola pasar, dengan menempatkan petugas untuk mengecek suhu tubuh di pintu masuk, air mengalir untuk mencuci tangan dan pengunjung juga terlihat masih berbagi ruang dan tidak saling berdesakan.

Di luar area pasar Tanah Abang, ratusan petugas Satpol PP, Polri dan personel TNI berjaga dengan delapan titik ploting, diantaranya Stasiun Tanah Abang, Kolong Fly Over Jatibaru, Kolong Blok G dan lorong Blok F, depan Blok A dan B, AURI Tanah Rendah, Pos Pemadam, Jalan Jatibaru II dan tikungan arah Blok G.

Kasatpol PP Kelurahan Kampung Bali, Bambang Suprayetno menuturkan, kondisi keramaian pengunjung pasar Tanah Abang, pada Senin (3/5/2021) berlangsung normal dan seluruh pengunjung terlihat mengenakan masker dan kita imbau untuk tetap menjaga jarak.

“Sekitar 600an personil dari tiga pilar, yakni TNI, Polri dan Satpol PP dari lima wilayah berjaga sejak selesai apel di pagi pukul 06.30 hingga 17.00 WIB,” jelasnya.

Diakuinya, tugas pokok petugas yang berjaga kali ini, untuk menertibkan dan menegakkan prokes bagi pengunjung dan pedagang, serta mencegah kerumuman dengan tetap menjaga jarak karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Sesuai arahan pimpinan di tingkat provinsi, kegiatan ini akan berlangsung sejak tanggal 3 Mei hingga 6 Mei mendatang dan akan ada evalusi, apakah akan dilanjutkan kembali atau tidak,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dibantu personel kepolisian lalu lintas melakukan penutupan Jalan Kebon Jati. Kendaraan pribadi terkecuali Busway yang bergerak dari arah Jalan KS Tubun dan hendak menuju Jalan Kebon Jati dialihkan lurus menuju Jalan Jati Baru Raya. (rez)











Leave a Reply

Your email address will not be published.