August 16, 2022

Indonesia-Azerbajian Sepakat Kolaborasi Migas

JAKARTA– Indonesia dan negara Azerbajian sepakat untuk mengadakan kolaborasi pengembangan Minyak dan Gas Bumi (migas) serta Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di masa yang akan datang.

Hal tersebut sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) di Bidang Energi yang sudah ditandatangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama Menteri Energi Republik Azerbaijan Parviz Shahbazov yang dilakukan secara virtual.

“Besar harapan saya, kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Azerbaijan akan berkembang dan dapat ditingkatkan ke level yang lebih tinggi, serta saling menguntungkan untuk kedua negara,” tutur Arifin, Jumat (30/4).

Indonesia dan Azerbaijan tercatat memiliki hubungan perdagangan Migas yang berpotensi untuk dikembangkan.
Shahbazov juga menyampaikan bahwa saat ini Azerbaijan memiliki target untuk meningkatkan komposisi energi baru dan terbarukan dalam energi mix mereka, dengan target kapasitas instalasi listrik sebesar 1500 MW atau sebesar 30%. Target ini dicanangkan untuk menarik lebih banyak investor ke Azerbaijan.

MoU ini diharapkan dapat menjadikan kedua negara bekerja sama dalam mempromosikan energi melalui kolaborasi antara sektor pemerintah kedua negara, perusahaan milik negara, dan memfasilitasi kerja sama antar sektor swasta.

Ratu Tiara
.











Leave a Reply

Your email address will not be published.