NASIONAL
SUARA MERDEKA
January 23, 2022

Menaker Beri Penghargaan K3 kepada Perusahaan dan Gubernur

Jakarta– Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sedunia jatuh setiap tanggal 28 April. Mengingat adanya Covid-19, tahun ini Indonesia ikut serta dalam penganugerahan K3 secara daring dan luring dengan undangan terbatas. Undangan terbatas secara luring ini hanya diikuti oleh perwakilan masing-masing perusahaan penerima anugerah tersebut. Anugerah tersebut diberikan secara simbolis oleh Menaker Ida Fauziyah yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube milik Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Kemenaker berupaya untuk mendorong tempat kerja untuk mencegah penyakit di tempat kerja. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk aspek perlindungan bagi para pekerja demi menjamin keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

“Penghargaan K3 ini diharapkan dapat menjadi dorongan motivasi kepada para pekerja dan pengusaha serta para pihak yang terkait dalam peningkatan pemenuhan penerapan K3 di tempat kerja,” ujar Ibu Haiyani Rumondang sebagai Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Jakarta, 26 Apri 2021).

Menurut Menaker Ida Fauziyah, sampai saat ini masih banyak ketidakpatuhan yang mengakibatkan adanya kasus Kecelakaan Kerja (KK) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

“Pembagian penghargaan K3 merupakan salah satu upaya penting,” ujar Menaker Ida Fauziyah.

Pemberian penganugerahaan K3 tersebut terdapat beberapa kategori, diantaranya adalah penghargaan kecelakaan nihil diberikan kepada 1.342 perusahaan, penghargaan SMK3 diberikan kepada 1.616 perusahaan, penghargaan program pencegahan dan penanggulan HIV AIDS di tempat kerja diberikan kepada 191 perusahaan dan penghargaan program pencegahan dan penanggulan Covid-19 di tempat kerja kepada 512 perusahaan. Sedangkan untuk penghargaan pembina k3 diberikan kepada 16 gubernur.

Prastika Dwi Kusumah S.Ak. – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *