NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 26, 2021

Kemenkes: Mulai Hari Ini Intensif Nakes Covid-19 Segera Cair

JAKARTA– Plt. Kepala Badan PPSDMK Kemenkes dr. Kirana Pritasari, MQIH mengatakan intensif tenaga kesehatan bersumber dari pusat oleh Kemenkes, dan Pemda. Kemenkes membiayai fasilitas kesehatan begitupula rumah sakit dari Kemenkes, TNI/POLRI, BUMN, dan swasta.

Selain itu, membiayai Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan, Balai Laboratorium, Laboratorium PCR, milik lembaga lain, ataupun swasta. Kemudian, dokter magang, dokter spesialis, dan relawan.

“Untuk tunggakan tahun 2020 sebesar Rp. 1,48 Triliun pada tahap I sudah dibuka blokir Rp. 581 Milyar, dan sudah disetujui sebesar Rp. 580 Milyar dengan jumlah nakes sebanyak 97.818 dan faskes sebanyak 914,” papar dr. Kirana pada konferensi pers virtual Rabu (05/05/2021).

Kirana menambahkan sudah bisa diselesaikan pembayarannya. Kemudian, masih ada reviu tunggakan tahun 2020 atas dukungan dari BPKP dan sudah diverfikasi. Telah diajukan ke bagian internal audit atau Itjen Kemenkes. Lalu, mengajukannya ke Kemenkeu sudah mendapat persetujuan dan dibuka blokir tahap II sebesar Rp. 231 Milyar. Perhari ini akan mulai dilakukan pembayarannya.

“Terakhir ini sudah lebih dari Rp. 757 Milyar sudah disetujui dan dibayarkan. Mudah-mudahan untuk yang tunggakan kami bisa selesaikan secepat mungkin dan tahun 2021 kami sangat mengharapkan teman-teman faskes yang dibiayai oleh pusat untuk segera verifikasinya disetujui agar kami bisa memproses,” jelasnya.

(LSR/NSM).











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *