NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 27, 2021

Suharso Monoarfa : Kunci Pemulihan Ekonomi Yang Tepat dan Cepat Adalah Keberhasilan Dalam Mengendalikan Penyebaran Virus Corona

JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian bangsa Indonesia maupun dunia merosot lebih dalam. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal I tahun 2021 masih tumbuh negatif.

Hal itu disampaikan Suharso dalam acara pembukaan Musrenbangnas 2021 melalui siaran kanal YouTube Bappenas RI, Selasa (4/5/2021).

“Kuartal I diperkirkan pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi pada sekitar 0,6 persen – 0,9 persen,” kata Suharso.

Namun di sisi lain, Suharso optimis jika pada kuartal II tahun 2021, ekonomi Indonesia baru akan mengalami pemulihannya atau tumbuh positif.

Suharso mengatakan, kunci pemulihan ekonomi yang tepat dan cepat adalah keberhasilan dalam mengendalikan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Oleh karenanya, Suharso kembali mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, meski di beberapa daerah terlihat adanya tren peningkatan seperti di Provinsi Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Riau.

“Kami berharap masyarakat tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga klaster baru Covid-19 dapat dihindari dan dikurangi,” pinta Suharso.

Suharso pun memastikan bahwa Pemerintah akan terus mempercepat program vaksinasi Covid-19.

“Dengan demikian apabila kita dapat mengatasi dan mengendalikannya, mudah-mudahan kepercayaan publik terhadap kondisi kesehatan akan meningkat dan mendorong pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Sudrajat











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *