NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 4, 2021

Temui DPRD Sulawesi Selatan, Anggota DEN Ingin Percepat Pengesahan Perda RUED

Jakarta – Guna untuk mendorong percepatan penyelesaian Peraturan Daerah (Perda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED), beberapa anggota Dewan Energi Nasional (DEN) melakukan kunjungan kerja ke daerah Sulawesi Selatan. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan amanat UU No.30 Tahun 2007 tentang Energi, bahwa Pemerintah Daerah wajib menyusun Perda RUED Provinsi.

“Presiden melalui Ketua Harian DEN senantiasa menekankan agar DEN melakukan pembinaan penyusunan RUED kepada Pemerintah Daerah dan mendorong Pemerintah Daerah untuk menetapkan Perda RUED melalui langkah-langkah seperti kunjungan kerja saat ini.” Kata Yusra Khan selaku anggota DEN di kantor DPRD Sulawesi Selatan, Senin (3/5).

Anggota DPR RI Andi Yuliani Paris pun sependapat, ia juga mendorong Pemerintah Daerah agar segera menetapkan Perda RUED. “Saya juga mengusulkan agar DEN membimbing penyusunan Perda RUED Provinsi Sulawesi Selatan bersama dengan Dinas ESDM Sulawesi Selatan dan instansi terkait lain.” Tambah Andi Yuliani.

Menanggapi hal tersebut, Andi Ina Kartika Sari selaku Ketua DPRD Sulawesi Selatan mengatakan, akan mendukung penyusunan Perda RUED agar mampu berjalan dengan baik. “Kami sudah beberapa kali melakukan ekspose dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan berharap Perda RUED dapat ditetapkan di tahun 2021.” Ungkap Andi Ina.

Yunus Saefulhak selaku Kepala Biro Fasilitas Kebijakan Energi dan Persidangan menyampaikan, bahwa penyusunan Perda RUED sudah berproses dengan baik. “Pemda sudah melakukan sosialisasi dan training pemodelan energi setempat. Saya berharap supaya Perda RUED dapat segera diselesaikan.” Kata Yunus.

RUED Provinsi ini merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi tingkat provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang bersifat lintas sektor untuk mencapai sasaran RUEN, dan hingga April 2021 sudah 20 Provinsi yang telah menetapkan Perda RUED.

Oleh Trisna Bayu Windya











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *