SUARA
MERDEKA
June 18, 2021

Beragam Manfaat si Labu Madu Yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Awam

KESEHATAN– Butternut Squash atau nama ilmiahnya Cucurbita Moschata atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Labu Madu ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Selain bentuknya yang unik, daging buahnya yang berwarna kuning dengan tekstur yang lembut dan memiliki rasa manis membuat banyak orang semakin menggemarinya khususnya di kalangan menengah atas.

Untuk ibu menyusui, Labu Madu juga baik digunakan sebagai pendamping ASI untuk bayi. Selain itu, Labu Madu sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks, antioksidan, daya serat yang tinggi, dan beta karoten serta memiliki sifat yang rendah kalori sehingga sangat cocok pula digunakan untuk menu diet sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah berbagai manfaat dan khasiat dari Labu Madu :

Sistem Peredaran Darah
◉ Menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, Menurunkan resiko terjadinya gagal jantung, Meminimalkan resiko hipertensi, Menunjang produksi hemoglobin, Mendukung kestabilan gula darah, Memerangi penyakit kardiovaskular, Melindungi sel darah merah
Sistem Integumen (Kulit, Rambut, Kuku, dsb), Mencerahkan kulit, Memperlambat munculnya uban, Meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit, Mengobati/memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari, Meminimalkan resiko kering serta pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan, Melancarkan peredaran darah di kulit kepala, Menyangga kesehatan kuku, Mencegah kerontokan rambut, Penting untuk pembentukan kolagen, Mencegah penuaan dini (keriput di wajah akibat penuaan), Mencegah terjadinya jerawat, Meremajakan kulit, Mengatasi dan mencegah terjadinya eksim (kulit merah dan gatal).

Sistem Reproduksi dan Bayi
◉ Menjaga dan meningkatkan proses reproduksi, Menopang perkembangan janin, Memperbaiki kualitas sperma, Meredakan nyeri haid, Meredakan mual saat hamil.

Sistem Saraf dan Otak
◉ Menjamin berlangsungnya fungsi otak dengan baik, Memperbaiki mood (suasana hati), Mencegah terjadinya stres, Menyembuhkan sakit kepala, migrain, Mencegah penyakit neurodegeneratif (menyerang sel saraf), Obat susah tidur (insomnia), Menunjang kesehatan saraf, Memberikan manfaat neurologis, Memperkuat fungsi kognitif (kemampuan berpikir), Mendukung komunikasi sistem saraf dan otak.

Tulang (Sistem Rangka)
◉ Meminimalkan resiko tulang keropos, Baik untuk pertumbuhan tulang, Menyembuhkan radang sendi lutut, Membantu kesehatan tulang.

Sistem Ekskresi dan Urinaria
° Mencegah resiko terbentuknya batu ginjal
Kelenjar, Hormon, Enzim, Mendukung kegiatan hormon kelenjar gondok atau tiroid, Mengatur aktivitas enzim, Memproduksi hormon adrenalin, Menyeimbangkan sistem hormon, Berperan dalam produksi hormon
Mulut dan Gigi, Membantu pembentukan air liur di rongga mulut, Meningkatkan dan menjaga kesehatan gigi.

Sistem Kekebalan Tubuh
◉ Memproduksi antibodi, Bertindak sebagai antioksidan, Khusus melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, Menjaga sistem imunitas tubuh, Menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menimbulkan kerusakan oksidatif di dalam tubuh.

Sistem Otot
◉ Membantu dan memelihara pertumbuhan serta perkembangan sel-sel organ/tubuh, Menurunkan resiko kram otot.

Sistem Pencernaan
◉ Menyangga kesehatan pencernaan, Mengobati radang usus, Mencegah terjadinya kanker, terutama kanker usus besar.

Sistem Pernafasan
◉ Mencegah penyakit gangguan pernafasan, Mencegah resiko penyakit asma, Meningkatkan dan menjaga kapasitas paru-paru.

Sistem Indra
◉ Memerangi katarak (penyakit mata), Menguatkan fungsi penglihatan (mata), Mendukung pengeluaran zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan tubuh melalui keringat, urine.

Lainnya
◉ Menghemat cadangan protein, Mendukung proses penyembuhan luka, Menambah energi, Mendukung pelumasan sendi, Memperbaiki metabolisme, Sumber energi, Menyangga produksi senyawa asam lemak, sterol, dan neurotransmiter, Meminimalkan terjadinya penyakit pellagra, Melindungi kerusakan akibat kelebihan vitamin A, Meningkatkan Stamina.

Sudrajat





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *