June 25, 2022

Tak Pernah Sepi, Ini Alasan Warga Jabodetabek Pilih Pasar Tanah Abang

JAKARTA – Momen Ramadan tahun ini, jadi pemicu positif dalam mendorong aktivitas ekonomi secara umum, tak terkecuali di Pasar Tanah Abang, yang tetap menjadi primadona warga Jabodetabek untuk membelanjakan uangnya demi membeli pakaian baru atau kebutuhan lainnya.

Padahal, tidak hanya Pasar Tanah Abang, di DKI Jakarta sendiri hampir setiap wilayah juga memiliki pusat grosir yang tak kalah dengan Blok A atau Blok B, yang kala akhir pekan selalu dipadati pengunjung. Tentunya, semua lokasi keramaian tersebut juga ikut menikmati profit di momen Ramadan dalam berbagai sektor, di antaranya, kuliner, kerajinan tangan, dan fashion.

Lantas, apa saja alasan yang membuat warga Jabodetabek lebih memilih belanja di Pasar Tanah Abang ketimbang pusat grosir lainnya?

Salah seorang pengunjung, Bunda Heny (50) menuturkan, ritual tahunan berbelanja ke pasar Tanah Abang, telah dilakukannya selama belasan tahun silam, jauh sebelum putrinya menginjak remaja.

“Barang-barang yang dijual di Tanah Abang, rata-rata harganya terjangkau untuk ibu rumah tangga seperti saya yang mengandalkan gaji bulanan suami dan kualitas produknya juga sangat baik. Berhubung saya tidak menyukai belanja online, maka belanja secara offline jadi menarik karena bisa langsung memilih pakaian yang ingin dibeli,” ujarnya kepada suara-merdeka.com, Kamis (6/5/2021).

Lebih jauh, Heny- warga Ciledug Indah, Kota Tangerang ini mengakui, akses transportasi yang kian mudah membuatnya memilih pasar Tanah Abang, karena bisa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line atau transportasi online lainnya.

“Memang saya sudah mengetahui bahwa KRL bisa turun dan naik penumpang di Stasiun Tanah Abang pukul 15.00-19.00 WIB. Makanya, saya berangkat sejak pagi hari bersamaan dengan orang kantoran. Kalau tidak turun di Tanah Abang, bisa panggil ojek online,” katanya.

Terpisah, Putri (35), warga Kota Bogor, yang bekerja di Jakarta, mengaku memilih pasar Tanah Abang sebagai lokasi untuk memborong baju lebaran baru, karena pilihan modelnya yang variatif serta tren terbaru fashion muslimah selalu tersedia.

“Dibanding pusat grosir lainnya, pasar Tanah Abang menyediakan semua yang diinginkan kaum perempuan. Kita bisa beli beragam produk dengan harga murah dan terjangkau untuk kantong pekerja, mulai dari baju muslimah yang biasa dipakai selebritis, hijab atau kerudung dengan varian corak yang beragam, serta aksesoris atau kerajinan tangan untuk melengkapi aktivitas saat lebaran mendatang,” paparnya.

Meski harus berdesakan saat memilih baju baru, namun Putri tidak khawatir ketika berbelanja di era pandemi saat ini.

“Yah mau gimana lagi yah, udah jadi tradisi sih. Rasanya ada yang kurang, jika lebaran gak belanja di pasar Tanah Abang. Untuk menjaga agar tidak tertular, saya selalu mengikuti protokol kesehatan, dengan memakai masker dan membawa hand sanitizer, serta menghindari untuk berkerumun di toko pakaian yang sedang ramai. Saya juga memilih untuk datang saat hari kerja, tidak pas akhir pekan,” tandasnya. (rez)

caption: Suasana pasar Tanah Abang di hari biasa tetap ramai, meski tidak sepadat akhir pekan. Penerapan prokes secara ketat tetap diberlakukan kepada seluruh pengunjung. foto: Reza Aulia











Leave a Reply

Your email address will not be published.