NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 26, 2021

Bahas Perlindungan PMI, Kemnaker Adakan Kerja Sama Bilateral dengan Malaysia

Jakarta– Pemerintah Indonesia dan Malaysia masih terus berhubungan baik dalam hal kerja sama bilateral. Menaker Ida Fauziyah mulai fokus dengan tata kelola penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor domestik ke Malaysia.

Kerja sama yang difokuskan masih dalam pembahasan secara konkrit oleh kedua negara bersahabat tersebut.
Adanya sedikit hambatan dalam pembahasan ini, dikarenakan counter-draft (draf tanggapan Pemerintah Malaysia atas initial draft Memorandum of Understanding (MoU)) sektor domestik yang telah disampaikan oleh Pemerintah Indonesia pada September 2016, baru disampaikan kepada Pemerintah Indonesia pada Agustus 2020.

Menaker Ida mengatakan melalui video conference dengan Menteri Sumber Manusia Malaysia, bahwasannya Pemerintah Indonesia telah meminta kembali agar perundingan renewal MoU ini dapat segera dilakukan agar menguntungkan semua pihak (win-win solution).

“Saya berharap kita bisa tuntaskan MoU ini mengikuti apa yang pernah menjadi guidance dari masing-masing negara,” tutur Ida Fauziyah dalam Video Conference tersebut. (6/5/2021)

Menaker Ida memiliki harapan agar kedua negara bisa merampungkan pembaharuan/renewal MoU sektor domestik ini berdasakan skema One Channel Recruitment.

Menaker juga mengatakan bahwa ia berkeinginan Datuk Seri bisa memberikan atensi terhadap isu One Channel Recruitment dan spesifikasi jabatan, yakni one worker one task.

Adanya spesifikasi jabatan dalam draf MoU merupakan salah satu upaya dalam memastikan bahwa setiap CPMI yang akan bekerja ke luar negeri telah memiliki kompetensi khusus.

Prastika Dwi Kusumah, S.Ak. – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *