NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 4, 2021

Pengusaha Gol C Batang Kesulitan. Perizinan Pertambangan Kini Pindah Dari Pemprov ke Pusat

Jakarta – Ketua Forum Komunikasi Pengusaha Gol C (FKPGC) Kabupaten Batang, Imam As’ari menyampaikan aspirasi dari para pengusaha Gol C terkait masalah perizinan.

Para pengusaha merasa kesulitan untuk mengakses dan melanjutkan proses perizinan pertambangan mineral dan batuan setelah Pemerintah Pusat menerbitkan aturan baru mengenai pelimpahan Kewenangan dalam memberikan izin.

Ini merupakan imbas dari Undang-Undang No.3 Tahun 2020 tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara, yang hampir menarik semua kewenangan mengenai perizinan pertambangan ke Pemerintah Pusat.

“Jujur saja, dengan adanya peraturan ini semua rekan pengusaha Gol C merasa kesulitan untuk melanjutkan proses perizinan pertambangan, karena sebelumnya kami sudah merasa senang kewenangan ada ditangan Pemerintah Provinsi.” Ungkap Imam As’ari.

“Sedangkan para pengusaha yang sudah mengajukan proses izin tingkat WIUP dan Eksploitasi menjadi terbengkalai dan sia-sia.” Tambahnya.

Ia pun berharap agar Dinas ESDM Pemprov Jawa Tengah mengumpulkan para pemohon IUP dan memberi penjelasan terkait aturan baru tersebut. Dan kami juga sangat berharap supaya proses perizinan pertambangan bisa dikembalikan kewenangannya ke Pemprov guna memenuhi kebutuhan material tambang.

Oleh Trisna Bayu Windya











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *