NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 5, 2021

27 Tahun di Dunia Jurnalistik, Tidak Menyusutkan Semangat untuk Terus Maju

Tokoh -Ahmad Junaidi S.S., M,Si. merupakan jurnalis yang sudah berkecimpung selama 27 tahun di dunia jurnalistik.

Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Sastra dan Filsafat Universitas Airlangga dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris pada tahun 1993. Mengawali karirnya menjadi wartawan harian Suara Indonesia (Jawa Pos Group) di Surabaya tahun 1994-1995.

Tahun 1995, dirinya ditugaskan di Kantor Biro Jakarta yang hanya bertahan satu tahun. Lalu pindah ke The Jakarta Post mulai 1996 sampai 31 Januari 2021.

Pada tahun 1998, Ahmad atau yang sering disapa Alex meliput peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti. Dia juga harus bertahan hingga malam di gedung rektorat serta menghitung mayat di Rumah Sakit Sumber Waras.

“Saya meliput peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti. Sampai malam di gedung rektorat, terus ke kamar mayat Rumah Sakit Sumber Waras di belakang Trisakti untuk menghitung mayat. Lumayan menakutkan karena kata orang saya mirip Tionghoa. Saya naik motor liputan pakai sorban,” kata Ahmad Junaidi S.S., M.Si saat dihubungi, Senin (10/5/2021).

Ahmad Junaidi menjadi salah satu dari pendiri Serikat Jurnalis untuk Keberagaman. Sejuk didirikan tahun 2008 oleh 7 orang beserta dirinya yang terdiri dari jurnalis dan aktivis yang peduli pada isu keberagaman di media.

Salah satu pemicu dibentuk sejuk saat sejumlah aktivis yang sedang memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni di Monumen Nasional (Monas) dipukuli oleh FPI dan luka. Pada saat itu media masih sangat bias.

“Setelah itu liputan media bilang terjadi bentrok. Bentrok kan saling pukul, padahal tidak ada perlawan,” tuturnya.

Sejuk melakukan pelatihan pada wartawan cara menulis isu keberagaman, latihan kelompok minoritas bagaimana untuk berhubungan dengan media, membuat seminar dan menerbitkan buku.

Saat ini, dia masih aktif mengajar di Universitas Tarumanagara dan Direktur di Serikat Jurnalis untuk Keberagaman.

http://dosen.untar.ac.id/dosen/detail-JmkmYmmo-ind.html

Vania Halim S.I.Kom











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *