NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 26, 2021

Libur Lebaran, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai 12-18 Mei

JAKARTA – Ramainya pasar Tanah Abang sejak dua pekan sebelum libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, menunjukkan indikator perbaikan sektor konsumsi di ibukota yang membuat geliat ekonomi berjalan ke arah positif.

Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi perekonomian nasional, yang selama setahun terakhir dihantam pandemi Covid-19. Meski begitu, untuk menghormati hari besar umat muslim dan juga dalam rangka perawatan gedung seluruh blok, pengelola pasar Tanah Abang akan meliburkan pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara tersebut sejak 12-18 Mei 2021.

Menurut salah seorang petugas keamanan pasar, Akbar (35), kegiatan operasional pasar Tanah Abang akan libur selama sepekan dan sejak Rabu (11/5/2021) mendatang, bahkan sebagian besar pedagang sudah menutup tokonya.

“Imbauan tersebut sudah sepekan ini disampaikan pengelola pasar kepada para pedagang dalam rangka libur lebaran dan perawatan. Tepatnya, Kamis mendatang atau sehari sebelum lebaran, pasar sudah menghentikan kegiatan operasionalnya,” ujarnya pada suara-merdeka.com, Senin (9/5/2021).

Sementara itu, sejumlah pedagang di Blok A dan B Pasar Tanah Abang mengakui telah menerima imbauan terkait penutupan sementara Pasar Tanah Abang selama sepekan yang dimulai sehari sebelum lebaran.

Dari pantauan dilapangan, kegiatan operasional tetap berlangsung normal meski ada penurunan jumlah pengunjung dan para pedagang masih berjualan hingga esok hari.

“Sebenarnya, pada Selasa besok juga udah dikasih tau jika kegiatan operasional hanya setengah hari atau sampai pukul 12.00 WIB karena lusa, yakni Rabu sudah tidak ada kegiatan lagi,” ujar Mpok Yuli, salah seorang pedagang baju muslimah d Blok B.

Meskipun penutupan pasar Tanah Abang rutin dilakukan setahun sekali, ia mengakui, untuk tahun ini cukup bersyukur karena aktivitas jual-beli sudah seperti normal kembali dengan keuntungan yang didapat lebih baik daripada tahun lalu, yang sempat tutup selama dua bulan lebih. (rez)

caption: Kondisi pasar Tanah Abang H-3 jelang Lebaran mengalami penurunan jumlah pengunjung dan terlihat lengang hingga memudahkan para pembeli untuk memilih barang yang akan dibeli. foto: Reza Aulia











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *