SUARA
MERDEKA
June 18, 2021

Antisipasi Cluster Baru Penyebaran Virus Covid-19, BKN Siapkan Skenario Saat Ujian CPNS

JAKARTA– Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pelaksanaan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 menyiapkan skenario khusus guna mencegah penyebaran virus Covid-19 pada penyelenggaraan ujian seleksi ASN yang meliputi sekolah kedinasan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, skenario pelaksanaan tes di lapangan guna mempertimbangkan potensi penyebaran varian baru Covid-19 yang sudah teridentifikasi di Indonesia.

“Salah satu skenario yang dapat dilakukan adalah memperpanjang durasi pelaksanaan tes dengan memangkas sesi ujian per harinya. Misalnya, sesi ujian ga g sebelumnya dilaksanakan sebanyak 3 sesi, menjadi 2 sesi saja,” ungkapnya.

Bima juga menegaskan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan seleksi ASN 2021 yang Wajid dilakukan lebih ketat.

“Kita harus antisipasi Penyebaran ketumunan peserta ujian di lapangan. Tidak hanya itu, ketersediaan titik lokasi yang memadai, baik di lokasi kantor BKN maupun lokasi mandiri yang disediakan instansi penyelenggara. Harus ada juga skenario pelaksanaan ujian bila terjadi cluster penularan baru di lokasi ujian,” ungkapnya.

Bagaimanapun, Bima mengatakan bahwa prinsip pelaksanaan seleksi ASN 2031 yang berlangsung ditengah pandemi harus disesuaikan dengan kondisi genting adanya varian baru Covid-19, meski konsekuensinya terhadap perpanjangan durasi pelaksanaan ujian.

Yudi Kurniawan





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *