NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 5, 2021

Pasca Pasar Tanah Abang Ditutup, PKL Banjiri Trotoar

JAKARTA – Penutupan pasar Tanah Abang yang dimulai Selasa (11/5/2021) hingga Rabu (19/5/2021) mendatang untuk keperluan perawatan gedung, membuat puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) menggelar dagangannya di trotoar terowongan Blok F hingga ke jalan Jatibaru.

Diketahui, seluruh gedung di pasar Tanah Abang, seperti Blok A, Blok B, Blok G dan Blok F, telah ditutup total pada hari ini pukul 15.00 WIB dan imbauan kepada pedagang khusus untuk hari ini hanya berjualan setengah hari telah diumumkan sepekan terakhir.

Kehadiran para PKL ini sudah terlihat sejak seminggu sebelum lebaran dan mereka biasanya berjualan sejak sore hari atau usai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang selama sepekan terakhir bertugas, membongkar posko pemantauan protokol kesehatan.

Para PKL yang memadati trotoar sepanjang jalur pasar Tanah Abang hingga ke Skybridge menjual beragam pakaian mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik busana muslim maupun aksesoris dengan digantung atau menggelar lapak diatas terpal.

Dari pantauan suara-merdeka.com dilapangan, aktivitas jual beli tersebut tidak sampai menimbulkan kerumunan, hanya menyebabkan penyempitan di jalur pejalan kaki.

Meski trotoar dipadati PKL tidak menyurutkan niat para pembeli yang didominasi perempuan untuk mengincar sendal atau aksesoris yang akan dipakai saat lebaran. (rez)

caption: Kondisi trotoar di sekitaran Pasar Tanah Abang yang dipenuhi PKL pasca ditutupnya pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara itu selama sepekan untuk perawatan dan libur lebaran.

foto: Reza Aulia











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *