NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 5, 2021

Bangun Jaringan Irigasi, Jamin Ketersediaan Air Secara Nasional

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) terus melanjutkan dukungan ketahanan pangan dan ketersediaan air secara nasional.

Hal ini diwujudkan dengan pembangunan dan rehabilitasi irigasi serta pembangunan infrastruktur embung, sumur air tanang, dan bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2021.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk pembangunan Daerah Irigasi Baing (Tahap II) di NTT seluas 100 hektar, dan melanjutkan rehabiltasi irigasi di 8 Daerah Irigasi yang meliputi DI Nggorang, DI Lembor, DI Netemnanu, DI Tilong, DI Satarbeleng, DI Wae Dingin, DI Mbay Kanan, dan DI Nebe.

Sejak tahun 2014, Kementerian PUPR juga sudah merencanakan program pembangunan 6 bendungan di NTT sebagai suplai air untuk irigasi dan penyediaan air baku.

Saat ini terdapat 3 bendungan yang selesai dan telah beroperasi yaitu Bendungan Raknamo, Rotiklot dan Napungete. Selain itu terdapat 3 bendungan lainnya yang masih dalam tahap pembangunan yakn Bendungan Temef, Bendungan Manikin, dan Bendungan Mbay.

Bendungan berfungsi mereduksi banjir dan sebagai penggerak untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu menghasilkan daya sebesar 2,575 hektar. Lalu bendungan juga berguna untuk penyediaan air baku dan irigasi.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo mengatakan optimis untuk konstruksi Bendungan Ciawi dapat selesai pada Juli 2021. Pembangunan Bendungan Ciawi merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir Jakarta.

“Bendungan Ciawi dapat segera rampung pada Juli 2021. Tantangan lainnya dalam pembebasan lahan yaitu cuaca terutama hujan yang masih sering terjadi sepanjang tahun. Saat tidak hujan baru tidak dipadatkan lagi lapis demi lapis,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi pembangunan Bendungan Ciawi, Rabu (5/5/2021).

Vania Halim











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *