NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 4, 2021

Dia Pengacara Pernah Jadi Kondektur Metro Mini

Jakarta– Mengenal Rolas Budiman Sitinjak pengacara kondang sekaligus dewan pengawas BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) yang tak asing dikanca dunia hukum Indonesia.

Pria kelahiran Pematang Siantar 24 Juli 1975 ini memulai karir sebagai pengacara pada tahun 2007. Kemampuanya menangani beberapa kasus besar hingga kecil pernah dirasakanya.

Jejak rekamnya sangat tidak diragukan, ia bahkan pernah menangani kasus Ahok kala mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersandung kasus penistaan agama. Selain itu, Presiden Jokowi juga turut merasakan jasa pria berdarah batak ini.

Tidak hanya itu, Roslan juga pernah menangani kasus dengan ketulusan hatinya, dimasa itu ia pernah dibayar dengan dua karung mangga kala menangani kasus kondektur mayasari bakti yang haknya tidak dipenuhi perusahaan.

Namun siapa sangka, sebelum mencapai puncak karirnya saat ini Roslan harus melalui kehidupan pilu saat semasa kuliah. Pria lulusan Universitas Trisakti ini sempat merasakan menjadi kondektur metromini untuk memenuhi kebutuhanya. Bahkan, salah satu dosenya menyebut dirinya “Si Kenek”. Panggilan tersebut ia terima saat Roslan sempat tertidur saat jam kuliah dimulai, dosen yang melihat Roslan tertidur sontak memanggil Roslan “Si Kenek”. Meski demikian, Roslan sama sekali tidak marah dengan sebutan “Si Kenek” yang ditujukan kepadanya. Baginya sebutan itu merupakan fakta yang harus diterimanya hingga menjadi motivasi untuk manusia yang lebih hebat kedepanya.

Pada tahun 2017, Roslan sempat menjabat sebagai wakil BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) hingga tahun 2020. Pada saat itu ia juga sempat diminta untuk menjadi ketua BPKN, namun semasa itu ia harus memilih melanjutkan S3 Hukum di Trisakti ketimbang menjadi ketua di BPKN. Menurutnya berprofesi sebagai pengacara sudah mendarah daging pada diri Roslan.

Dengan usaha, tekad dan kerja kerasnya, kini pria berusia 49 tahun itu telah mendirikan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) yang bernamakan “Law Office RBS and Friend” diikawasan Senen, Jakarta Pusat. (Andri Alqodri)











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *