SUARA
MERDEKA
June 18, 2021

Gubernur Anies Baswedan, Pangdam dan Kapolda Pantau Kondisi Malam Takbiran di Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran malam ini memantau kondisi malam takbiran di kawasan bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Terkait hal ini tak lain dari pola filterisasi kendaraan yang dianjurkan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan seruan Gubernur Jakarta no 25 tahun 2021.

Anies menyebut kondisi malam ini cukup kondusif. Menurutnya kegiatan filterisasi pada malam takbiran di kawasan ibukota cukup efektif.

“Kita sudah selesai melakukan inspeksi lapangan. Kondisi di Jakarta alhamdulillah sesuai dengan seruan Gubernur nomor 5 tahun 2021, terkait dengan malam takbiran di mana kita menganjurkan kepada masyarakat untuk melaksanakan takbiran di rumah dan di masjid dengan kapasitas 10persen,” ucap Anies pada jumpa pers di Bundaran HI.

“Serta menganjurkan untuk tidak melakukan kegiatan takbiran di luar seperti yang biasa kita selenggarakan, takbir keliling. Dan mulai jam 10 malam ini sudah ditetapkan crowd free dan juga jalan-jalan utama dilakukan pembatasan mobilitas,” lanjutnya.

Selain itu, Anies juga mengapresiasi kepada masyarakat yang tidak merayakan takbiran dijalan. Anis menyebut anjuran ini upaya untuk melindungi kebaikan masyarakat banyak.

“Saya sampaikan apresiasi kepada masyarakat yang memilih untuk tidak pergi, memilih untuk tetap di rumah, memilih untuk takbir di rumah. Ini adalah sebuah ikhtiar kolektif yang menjadi tanggung jawab kita sama-sama, bukan semata-mata peraturan pemerintah, bukan semata-mata seruan pemerintah. Tapi ini adalah untuk melindungi diri, kita semua, keluarga kita, dan masyarakat,” imbuhnya.

“Malam hari ini alhamdulillah kondisinya terkendali. Dan insyallah masyarakat besok sesuai dengan anjuran usahakan untuk di rumah. Bila tidak memungkinkan salat di rumah, baru melakukan salat Id di luar. Dan itu pun kami garis bawahi dikerjakan di masjid atau lapangan di dekat rumah,” tambah Anies.

Lebih lanjut, Anies juga menganjurkan masyarakat melakukan solat Id di mesjid terdekat. Anjuran tersebut agar masyarakat turut mencegah terjadinya penularan lintas wilayah.

“Bepergian jauh jangan mencari lokasi yang jauh, kerjakan di tempat yang dekat. Dengan begitu kita bisa mencegah terjadinya penularan yang lintas wilayah yang pasti akan menyulitkan,” tutupnya. (Andri Alqodri)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *