NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 29, 2021

Kemenkes: Intensif Harus Diterima Langsung Tenaga Kesehatan dengan Rekening Baru

JAKARTA– Plt. Kepala Badan PPSDMK Kemenkes dr. Kirana Pritasari, MQIH mengatakan intensif tenaga kesehatan Kemenkes membiayai fasilitas kesehatan begitupula rumah sakit dari Kemenkes, TNI/POLRI, BUMN, dan swasta.

Kemudian, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan, Balai Laboratorium, Laboratorium PCR, ada milik lembaga lain, ataupun swasta. Kemudian, dokter internship, dokter spesialis, dan relawan.

Perkembangan intensif tenaga kesehatan pada hari ini ada sebesar Rp.103,961 Miliar diajukan buka blokir anggaran tunggakannya dan sudah diverfikasi oleh BPKP sebesar Rp. 1,097 Triliun. Adapun pembayaran intensifnya sudah diverfikasi oleh masing-masing faskes sebesar Rp. 717,5 Miliar untuk 120.613 tenaga kesehatan yang tidak perlu direviu oleh BPKP dan bisa langsung diproses pembayarannya.

Namun, proses pencairan ini membutuhkan waktu terlebih lagi ada pembuatan rekening baru atas masukan BPKP, KPK, dan BPK.
“Intensif ini harus diterima langsung oleh tenaga kesehatan tidak boleh melalui faskes terlebih dahulu. Pembukaan rekening baru untuk tenaga kesehatan diproses oleh Bank BNI, BRI, Mandiri, dan BSI. Dari bank tersebut disesuaikan dengan cabang-cabang dari masing-masing tenaga kesehatan yang bekerja untuk pembukaan rekeningnya,” ucap dr. Kirana pada konferensi pers virtual hari Selasa (11/05/2021).

Pencairan intensif tenaga kesehatan COVID-19 membutuhkan waktu dikarenakan penggunaan anggaran tersebut berasal dari uang negara. Akuntabilitas dari pelaporan harus terjaga dan pengeluaran anggaran harus diajukan terlebih dahulu kepada BPKP sesuai dengan kebijakan yang ada.

“Mudah-mudahan pasca libur hari raya tidak ada penambahan kasus yang luar biasa dan semua bisa dikendalikan. Sehingga kita bisa merayakan hari raya idul fitri ini dengan penuh khidmat dan tetap bisa menjalankan tugas melayani pasien. Akan tetapi, kita tetap bisa melaksanakan hubungan silahturami dengan keluarga tanpa harus mudik,” tambahnya.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *