NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 29, 2021

Kemnaker : Memperkuat Program Desmigratif dan Menjalin Kerja Sama Dengan LKKNU

JAKARTA – Dalam rangka memperkuat komunitas pembangunan keluarga di Program Desmigratif (Desa Migran Produktif), Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Kemnaker menjalin kerjasama dengan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LKKNU).

Kerjasama tersebut ditanda dengan penandatanganan kesepahaman bersama Ditjen Binapenta dan PKK Pak Suhartono dengan Sekjen PB LKKNU, Alissa Wahid di Ruang Tridharma, Kemnaker, Jakarta, hari Senin (10/5).

“Salah satu aspek dari program Desmigratif adalah ingin memperkuat fasilitas pembentukan komunitas pembangunan keluarga (community parenting)” kata Bu Ida.

Dalam upaya penguatan ini dilakukan secara terpadu dan terintegrasi dengan melibatkan kementerian atau lembaga, maupun pemangku kepentingan lainnya. Desmigratif sebenarnya merupakan upaya perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) beserta keluarganya sejak masih dari desa.

“Hal ini didasari oleh kesadaran kami bahwa isu PMI dan keluarganya merupakan isu yang lintas sektor (cross cutting), sehingga Kemnaker sangat terbuka dengan berbagai upaya kolaborasi dan kerjasama” ujar Bu Ida.

Bu Ida juga mengakui pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam menjalankan empat pilar Desmigratif. Salah satu pilar yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak adalah pembentukan komunitas pembangunan keluarga (community parenting). Maka dari itu, Kemnaker menggandeng LKKNU untuk bekerja sama dalam memperkuat komunitas pembangunan keluarga di Desmigratif.

“Kerja kolaboratif ini diinisiasi oleh Kemnaker dengan LKKNU, tapi ini bukan untuk NU saja. Melainkan untuk bangsa dan kepentingan masyarakat yang lebih luas” kata Bu Ida.

Dengan melalui kerjasama ini, Ibu Ida berharap banyak bahwa ada niat baik, perhatian dan kepedulian semua pihak terhadap perkembangan anak-anak PMI dapat menjadi lebih nyata.

“Terutama dalam hal penyusunan konsep dan model pembangunan community parenting di Desmigratif” ujar Bu Ida.

DESI OKTAVIONIKA S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *