NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 26, 2021

Litbang Kemkes: Vaksin Sinovac Teruji Efektif Mencegah Gejala Hingga Kematian Akibat Covid-19

JAKARTAРPenelitian efektivitas vaksinasi sinovac yang dipaparkan oleh Ketua Tim Peneliti Pandji Dhewantara terkait estimasi pencegahan COVID-19 pada tenaga kesehatan. Penelitian ini dilakukan pada 13 Januari-18 Maret 2021 dengan studi kohot retrospektif  menggunakan data sekunder vaksinasi, PCR, dan data perawatan RS.

Penelitian ini juga melibatkan 128.290 orang tenaga kesehatan yang berusia diatas 18 tahun dan tidak memiliki riwayat COVID-19 dengan total 60% perempuan usia rata-rata 30 tahun.

“Berdasarkan analisis yang kita lakukan, kita menemukan bahwa vaksinasi sinovac dosis lengkap bisa menurunkan dan mengurangi risiko 94% covid bergejala pada individu yang melakukan vaksinasi penuh atau sampai dosis kedua,” papar Pandji pada konferensi pers virtual Rabu (12/05/2021).

Pandji menjelaskan dari 128.290 orang tersebut juga dilakukan metode membandingkan  individu yang belum di vaksin, individu yang sudah diberikan satu dosis maupun individu yang sudah mendapatkan dosis penuh atau dosis kedua.

“Vaksinasi parsial ataupun vaksinasi yang diberikan satu dosis itu efektivitasnya jauh lebih rendah daripada vaksinasi penuh yaitu, sebanyak dua dosis. Vaksinasi yang diberikan dosis kedua  akan jauh lebih kecil terinfeksi COVID-19 juga menurunkan perawatan bahkan kematian,” tambahnya.

Keseluruhan analisis dari Litbangkes bahwa, vaksinasi sinovac pada pemberian dosis kedua atau penuh dapat mengurangi 96% risiko perawatan covid bahkan sampai hari ke 28. Kemudian, estimasi dalam pencegahan kematian pemberian dosis kedua juga dapat mencegah 98% dibandingkan individu yang menerima dosis pertama. Individu yang menerima dosis pertama hanya efektif menurunkan 13% risiko covid yang bergejala.











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *