June 26, 2022

Banjir Bandang Di Parapat Sebabkan Satu Unit Rumah Rusak Parah

SUMUT-Hingga Jum’at (14/5/2021) siang Pihak BPBD Kabupaten Simalungun, TNI-Polri, Dinas PU Kabupaten selanjutnya bekerjasama dengan Pihak aparat Desa terus melakukan upaya pembersihan material yang terbawa arus banjir.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Girsang Sipangan Bolon Parapat Maruwandi Yosua Simaibang, SP, M.Si saat dikonfirmasi wartawan Jum’at siang.

Menurut penuturan Maruwandi Yosua Saimbang sejak Kamis (13/5/2021) siang hujan deras mengguyur wilayah Danau Toba Parapat. Hujan yang turun deras menyebabkan banjir bandang dikawasan wisata tersebut.

Hingga saat ini terkonfirmasi ada satu unit rumah permanen mengalami kerusakan dengan mencapai 80 %, kata Yosua. Dikatakan Yosua hingga saat ini pihaknya belum memperoleh data yang Falit terkait jumlah rumah yang digenangi banjir.

“Untuk data keseluruhan kita belum bisa menyimpulkan berapa jumlah keseluruhan rumah yang digenangi banjir. Kita hanya bisa pastikan satu unit rumah permanen mengalami kerusakan,” kata Maruwandi Yosua Saimbang.

Dijelaskan, Maruwandi Yosua menyebut banjir bandang yang terjadi Kamis sore sudah pernah terjadi 20 tahun lalu. Menurut dia penyebab terjadinya banjir tersebut dikarenakan Volume debit air yang datang lebih banyak. Sehingga saluran pembuangan atau gorong-gorong yang sudah terpasang tidak sanggup menampung jumlah air, katanya.

Sejauh ini kita terus melakukan evakuasi terhadap korban, seperti barang-barang perabot rumah tangga dan penyedotan air didalam rumah warga, ujarnya mengakhiri.

Teks Foto, Wilayah Wisata Danau Toba Parapat yang mengalami longsor dan banjir (foto/Matius Gea)

Farmacia De Guardia | Atresplayer Tv vidalista 20 mg opiniones la hora del skincare nac&pop: las marcas que crecen m?s all? de las farmacias










Leave a Reply

Your email address will not be published.