NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 5, 2021

Sekitar 4.837 Narapidana Terima Remisi Khusus Lebaran Dari Kanwil Kemenkumham DKI

Jakarta – Hari Raya Idul Fitri 1442 H merupakan hari yang sangat istimewa, terutama bagi 4.837 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) lingkungan DKI Jakarta. Pasalnya mereka mendapatkan remisi khusus lebaran dari kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Ibnu Chuldun selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mengungkapkan, ada ribuan napi yang mendapatkan remisi khusus karena sudah memenuhi syarat usulan remisi Hari Raya Idul Fitri 2021, akan dibagi menjadi dua klasifikasi dari total 18.138 orang napi di Jakarta, yaitu 5.411 orang tahanan dan 12.727 orang napi.

“Dan napi yang paling banyak mendapat remisi berasal dari Lapas Kelas I Cipinang dengan jumlah 1.067 orang narapidana, kemudian Lapas Narkotika kelas II A Jakarta dengan jumlah 1.057 orang.” Ungkap Ibnu.

Sedangkan napi dari Lapas Kelas II A Salemba yang mendapatkan remisi ada sebanyak 1.014 orang, dan 936 orang berasal dari Rutan Kelas I Cipinang, lalu dari Rutan Kelas I Jakarta Pusat berjumlah 446 orang.

Lalu sebanyak 143 orang dari Rutan Kelas I Pondok Bambu, dari Lapas Perempuan Kelas II A Jakarta berjumlah 135, dan yang terakhir ada 49 orang dari LPKA Kelas II A Jakarta.

Pelaksanaan sholat Ied 1442 H di lingkungan Lapas, Rutan dan LP Khusus Anak Kamis (13/5) ini dilaksanakan dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat.

“Perayaan Idul Fitri tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini perwakilan warga binaan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sholat berjamaah di lapangan dalam lapas, rutan, dan LPKA.” Tambah Ibnu.

Menurutnya, ia berharap perayaan Idul Fitri tahun ini bisa menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi warga binaan. Disamping itu warga binaan pun juga dapat menikmati makanan khas lebaran berupa ketupat sayur dan opor ayam.

Oleh Trisna Bayu Windya











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *