NASIONAL
SUARA MERDEKA
August 4, 2021

Antisipasi Pemerasan Para Penambang, Menteri ESDM Permudah Izin Tambang Rakyat Perorangan

Agus Flores : Dari Pada Uang diperas, Lebih Baik Uang itu digunakan Pendapatan Pajak Negara

Jakarta – Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM menegaskan bahwa semua bentuk perizinan pertambangan akan diambil alih pemerintahan pusat.

Hal ini pun juga berlaku bagi semua perizinan yang biasanya hanya melalui provinsi maupun kabupaten.

Menteri ESDM pun kini juga mempermudah izin tambang rakyat yang sifatnya perorangan, dengan luas minimal 5 hektar.

Agus Floureze selaku Ketum LBH Phasivic menambahkan, kemudahan seperti sangat perlu dimanfaatkan bagi Penambang Rakyat. Cukup dengan izin lokasi, para Penambang Rakyat bisa mengurus IPR ke kementerian ESDM.

Dengan dipermudahnya perizinan pertambangan Rakyat tersebut, maka semakin berkurang adanya oknum yang melakukan pemerasan. Tak jarang para penambang Rakyat menjadi bulan bulanan oknum tukang pemeras yang memanfaatkan keadaan tersebut.

Diapun menambahkan agar segera Para Penambang mengurus IPR Perorangan agar mengurangi angka Pidana Pelanggaran UU Minerba sekaligus dapat membantu Negara dalam bentuk Pajak Negara

“Saat ini para penambang menjadi bulan bulanan oknum tukang pemeras, yang memanfaatkan keadaan. Kalau sudah ada IPR kan tugasnya hanya membayar Pajak ke Negara saja, ” Ungkap Agus Floureze ketika dihubungi.

Agus Floureze yang juga pentolan FKPPI dan Wasekjen KBPP Polri ini ini sangatlah menyayangkan hal pemerasan tersebut bisa terjadi, ia pun berjanji kalau ada oknum Aparat yang terlibat dalam aksi pemerasan tersebut harus segera ditindak lanjuti.

Ia juga berharap oknum Aparat yang terlibat dalam aksi pemerasan terhadap penambang Rakyat bisa di pecat dari kedinasannya.

Oleh Trisna Bayu Windya











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *