June 26, 2022

Penyebab Negara Arab Diam Saja Disaat Israel Menyerang Palestina

JAKARTA – Konflik yang terjadi di wilayah Gaza, masih terus memanas. Bahkan ratusan warga Palestina dinyatakan meninggal dunia akibat dari serangan tanpa henti dari Israel. Akan tetapi, sejauh ini negara Arab tidak bergeming sama sekali atau memilih berdiam diri.

Ketegangan antara Israel dan Palestina kembali memanas pada saat Ramadhan 2021 kemarin. Faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya perang adalah rencana pengusiran puluhan warga Palestina di kawasan Sheikh Jarrah.

Situasi semakin menegangkan setelah kelompok milisi Palestina Hamas menyerang balik Israel dengan menggunakan rudal. Walau tidak menimbulkan banyak kerusakan atau korban, akan tetapi itu berhasil membuat wilayah Israel berhasil menyerang kembali dan melakukan operasi militer di sejumlah wilayah di Palestina. Salah satunya adalah membunuh seorang wanita dan seorang anak, tak hanya itu saja tetapi menyerang sebuah masjid beberapa hari sebelum dilaksanakannya idul fitri.

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Arab masih dibawah ketergantungan oleh Amerika Serikat. Sehingga membuat Arab memilih untuk berdiam diri.

Alasannya sudah sangat jelas bukan, Palestina tidak memiliki startegi perjuangan seperti yang dimiliki oleh pihak Yahudi. Bahkan Yahudi saat itu melakukan penggalangan dana mendekati negara-negara yang berpengaruh di kancah dunia.

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published.