NASIONAL
SUARA MERDEKA
July 24, 2021

Kemnaker Mengembangkan Wisata Borobudur Melalui Peningkatan Kompetensi SDM

JAKARTA – Kemnaker menyediakan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) untuk mendukung penyediaan pekerja terampil di sekitar sektor pariwisata. Kawasan Wisata Borobudur menjadi salah satu proyek percontohan dalam pelaksanaan program ini.

“Kita siapkan BLK dan BLKK untuk menyiapkan SDM berkualitas dan meningkatkan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia” kata Kementerian Ketenagakerjaan, Bu Ida Fauziah dalam acara sosialisasi Lingkungan Wisata Candi Borobudur, di Semarang, Jawa Tengah pada hari Jum’at (21/5).

Acara Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang pariwisata ini merupakan menindaklanjuti hasil dari Rakor Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Yang menyepakati bahwasanya Kementerian Ketenagakerjaan memiliki tugas penting dalam penyiapan kompetensi SDM pekerja Pariwisata di Indonesia.

Bu Ida juga mengatakan bahwa Jawa Tengah terutama wilayah wisata Borobudur adalah salah satu dari lima destinasi wisata yang berkualitas dan super prioritas yang menjadi fokus pembangunan bagi pemerintah, baik dari infrastruktur hingga sarana fasilitas maupun dari sektor pembangunan SDM.

“Oleh karena itu, kita jadikan Kawasan Borobudur ini sebagai pilot project pengembangan destinasi wisata yang berkualitas serta dapat terus mempertahankan budaya, kearifan lokal, serta wistaa berkesinambungan” ungkap Bu Ida Fauziah.

Untuk mendukung hal itu, Bu Ida selaku Menteri Ketenagakerjaan membangun BLK Komunitas yang tersebar di enam lokasi penyangga destinasi wisata Borobudur. Yang meliputi Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Temanggung.

“Semua BLK Komunitas ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM khususnya di sektor pariwisata, utamanya untuk pengembangan destinasi wisata Borobudur” kata Bu Ida.

Beliau berharap dengan adanya lulusan program pelatihan di BLK Komunitas dapat segera terserap dan dapat masuk di dunia kerja secara massif.

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *